KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

(7/10). Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) menyelenggarakan workshop penerapan pedoman monitoring dan evaluasi (Monev) kelembagaan lingkungan hidup di daerah.

Workshop yang dilaksanakan 15 September 2005 ini bekerjasama dengan Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) UGM. Workshop bertempat di Wisma Kagama UGM ini dihadiri 26 orang peserta yang berasal dari instansi lingkungan hidup di provinsi Jawa Tengah, seperti Bapedalda Prop. DIY, Bapedalda Kab. Bantul, Dinas LH Kab. Sukoharjo, Dinas LH Kab. Magelang, Dinas LH Kab. Wonogiri,
Selain itu, adapula peserta dari KPDL Kota Yogyakarta, Dinas LH Kab. Karanganyar, KPDL Kab. Boyolali, Bapedalda Kota Semarang, Kantor LH Kab. Klaten, Kantor LH Kota Surakarta, KPDL Kab. Gunung Kidul, PPLH Regional Jawa, KPDL Kab. Sleman, Dinas LH Kab. Sragen, KPDL Kab. Kulonprogro.

Workshop yang dibuka Kepala PPLH Regional Jawa Soedarsono SH ini juga menghadirkan pembicara Kepala PSLH UGM Ir. Bakti Setiawan, MA, Ph. D, yang memaparkan pedoman monitoring dan evaluasi. Kegiatan ini ditutup Kepala Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, Ir. Indra Soekarjono.
Workshop ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan substansi dan mekanisme self evalution lembaga lingkungan hidup di daerah serta simulasi pengisian kuesioner monev.

Secara umum workshop berjalan dengan baik dan para peserta mengikuti dengan antusias. Saran dan tindak lanjut dalam pelaksanaan workshop ini sebagai berikut :
· Pedoman Monev masih perlu disempurnakan yaitu dengan melihat beragamnya bentuk kelembagaan lingkungan hidup di daerah dan adanya penggabungan dengan fungsi lain.
· Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Jawa dan KLH Pusat perlu melaksanakan asistensi kepada Kabupaten/Kota untuk memfasilitasi proses pengisian kuesioner.
· Dari form kuesioner yang dibagikan kepada peserta diharapkan adanya tindak lanjut dari instansi daerah masing-masing. Diharapkan peserta mengisi kuesioner, terutama untuk tujuan self evaluation, karena hasil ini dapat dimanfaatkan sebagai “bargaining positionâ€Â? lembaga lingkungan hidup daerah dengan DPRD dan Sekretaris Daerah, dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan daerah.

Informasi lebih lanjut, hubungi :
Asdep Urusan Kelembagaan Lingkungan
Gd. A Lt. IV Kementerian Lingkungan Hidup
Jl. D.I. Panjaitan Kav. 24, Kebon Nanas – Jakarta Timur
Telp/Fax. : 021 – 85907085
Email : srutami_dewi@menlh.go.id