KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 4 Maret 2004 — Sesuai amanat Presiden Republik Indonesia dan seruan Departemen Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup turut mendukung penanggulangan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan menghimbau seluruh warga DKI Jakarta secara serentak mengadakan pembersihan lingkungan di tempat masing-masing.

Hal ini diungkapkan Menteri Negara Lingkungan Hidup, Nabiel Makarim, MPA., MSM. saat mengadakan kunjungan ke lokasi-lokasi pembangunan gedung yang sedang terhenti pembangunannya. Dalam kunjungan tersebut, Nabiel Makarim menemukan banyak genangan-genangan air yang tidak terurus dan menjadi sarang nyamuk.

“Saya menghimbau para penanggung jawab gedung-gedung terlantar yang terhenti pembangunannya untuk turut melakukan gerakan kebersihan lingkungan dengan cara mengeringkan air di lokasi pembangunan untuk menghindari berkembang biaknya nyamuk”, himbau Nabiel.

Kementerian Lingkungan Hidup juga telah mengirimkan surat ke Gubernur DKI Jakarta untuk meminta perhatian Pemerintah DKI Jakarta terhadap kondisi genangan air di lokasi pembangunan gedung yang terhenti pembangunannya.

Seperti yang sudah disampaikan Departemen Kesehatan tentang GERTAK (Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk), Nabiel Makarim menghimbau seluruh pengelola dan pemilik gedung perkantoran, kawasan industri, pertokoan, perumahan, sekolah/universitas dan setiap keluarga untuk turut berpartisipasi melaksanakan 3 M (Menguras, Menutup, Mengubur). “Dengan mulai membersihkan lingkungan tempat tinggal dan kerja Anda, Anda sudah membantu memperkecil kemungkinan meluasnya wabah Demam Berdarah Dengue”, demikian Nabiel menegaskan.