KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

walubi.jpgPada tanggal 19 Desember 2006 Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) mengukuhkan 300 kader lingkungan di Kota Medan. Pada acara yang sama diadakan kegiatan Bakti Sosial Penanaman 1.550 batang Pohon di Kebon Binatang, Wihara Budha Murni, Universitas Muslim Nusantara Alwashliyah dan Kecamatan Medan Area.

Pengkukuhan kader Masyarakat Perkotaan peduli Lingkungan   diikuti oleh  perwakilan dari komponen : Masyarakat Permukiman, Pengurus dan Pengelola Pasar, Karang Taruna, Aktivis Lingkungan Mahasiswa dari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Universitas Nomennsen dan Universitas Al Azhar, Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FKPSM) dan Institut Sampah Sungai Deli (ISSD).

Pada kesempatan tersebut Walikota Medan memberikan sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Lingkungan Kota Medan, antara lain menyampaikan bahwa permasalahan lingkungan di kota Medan saat ini sudah sangat memprihatinkan, sehingga memerlukan keterlibatan semua pihak dan unsur masyarakat untuk menanganinya. Oleh karena itu terbentuknya kader Masyarakat Perkotaan Peduli Lingkungan sangat tepat dan diharapkan dapat menjadi pioner dalam mengatasi permasalahan lingkungan secara bersama-sama.

Sementara itu Deputi Menteri Negara Lingkungan Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat dalam sambutannya menyampaikan bahwa usaha pengelolaan lingkungan hidup adalah usaha yang tidak mudah dan penuh tantangan. Hal ini karena karateristik dan isu lingkungan hidup itu sendiri, yakni tingginya potensi konflik, tingginya faktor ketidak pastian, waktu yang sering panjang antara kegiatan dan dampak yang ditimbulkan serta pemahaman yang tidak mudah oleh masyarakat atas permasalahan lingkungan hidup. Terkait dengan hal tersebut maka usaha untuk penyelamatan dan pengelolaan lingkungan adalah usaha yang sangat dinamis, memerlukan   keterlibatan banyak pihak, terpadu, terus menerus dan berkesinambungan.

Upaya mengurangi dan mencegah semakin  meluasnya kerusakan lingkungan memerlukan keterlibatan semua pihak, termasuk Lembaga-lembaga kemasyarakatan dan seluruh lapisan masyarakat harus ikut berperan dalam mengatasi permasalahan lingkungan secara mandiri, mulai dari hal yang terkecil misalnya penanganan sampah yang dihasilkannya oleh setiap individu dan setiap rumah tangga. Oleh karena itu Kementerian Negara Lingkungan Hidup menaruh harapan besar  kepada 300 calon kader lingkungan yang akan dikukuhkan sebagai Kader Lingkungan, dapat berperan sebagai lini terdepan, menjadi pioner dalam pembelaan terhadap lingkungan dan  melakukan aksi nyata mengatasi permasalahan lingkungan, begitu juga dengan Forum Masyarakat Perkotaan Peduli Lingkungan (FORMAPEL) Sumatera Utara yang sebentar lagi akan diresmikan  diharapkan dapat menjadi wadah yang efektif untuk menggalang kekuatan masyarakat guna mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan sehat yang menjadi hak dan dambaan masyarakat luas.

Sumber:
ASDEP Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan
Deputi VI KNLH
Jl. DI. Panjaitan Kav.24 Ged.B lt.5
Kebon Nanas Jakarta Timur
T/F 021 85911211
Email : ngadijanto@yahoo.com