KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

pohon_UMJ.jpgKementerian Negara Lingkungan Hidup cq Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotan pada Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat,  pada hari  Jumat tanggal  10 Agustus 2007 telah memberikan bantuan sebanyak 300 batang. pohon pelindung kepada Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di Ciputat Jakarta. Adapun pohon yang disumbangkan adalah pohon jenis pelindung seperti: Pohon Mahoni, Pohon Glodokan Tiang, Pohon Tabe Buya dan Pohon Pandan Bali.

Bantuan pohon dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) kepada Universitas Muhammadiyah Jakarta /UMJ bertepatan dengan peresmian Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) bantuan dari Kementerian Negara Perumahan Rakyat.dan diresmikan oleh Meneg Perumahan rakyat  Yusuf Asy’ari dan  Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. DR. M. Din Syamsuddin,  yang disaksikan oleh Duta Besar Iran, Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta /UMJ serta undangan lainnya.

Secara simbolis  pemberian bantuan pohon dari KNLH diwakili oleh Kabid Dunia Usaha dan Pekerja,  Ngadijanto, SH diserahkan langsung kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta /UMJ Hj. Masyitoh.

Pohon tersebut langsung ditanam disekitar Rusunawa yang memiliki 100 kamar dan menampung 400 mahasiswa yang berlokasi di atas tanah seluas 6000 m3. Dengan tujuan agar Rusunawa memiliki lingkungan yang asri, hijau dan teduh serta menjaga ketersediaan air tanah, sehingga diharapkan lingkungan sekitar Rusunawa memiliki iklim mikro yang lebih sejuk dan sehat, untuk menambah semangat hidup dan kerasan/betah bagi mahasiswa yang sedang   belajar untuk menuntut ilmu.

Kegiatan ini juga merupakan kegiatan kepedulian Universitas Muhammadiyah Jakarta /UMJ terhadap pelestarian fungsi lingkungan yang saat ini banyak terjadi peristiwa  apabila musim kemarau datang dimana-mana terdengar  kekeringan, krisis air bersih sebaliknya apabila musim penghujan tiba dimana-mana terdengar adanya  banjir dan tanah longsor.

Sumber:

Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan
Jl. DI Panjaitan Kav 24 Kebon Nanas, Jak-Timur
Telp: 021- 85911211.