KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

HUT Kodam IV/Diponegoro
KENDAL, KSP – Fenomena global warming atau pemanasan global nampaknya menginspirasi jajaran Kodim 0715/Kendal untuk turut melestarikan lingkungan hidup. Mengambil momen dalam rangka HUT Kodam IV Diponegoro jajaran TNI di wilayah Kendal berkolaborasi dengan warga di sepuluh desa di Kelurahan Limbangan, Polsek, PKK, Karang Taruna, Aparatur Kecamatan, LSM Patiru, dan LPPMD/Lembaga Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa mengadakan kegiatan penanaman 2500 batang penghijauan serentak di seluruh desa mulai tanggal 12-21 Februari.

Adapun lokasi penghijauan adalah di daerah kritis yang meliputi jalan desa, jalan dusun, tegalan dan di sekeliling lokasi peternakan milik warga.

"Pengadaan 2500 bibit pohon itu berkat kerjasama dengan Disbunhut, Perhutani dan PT Telkom, terdiri dari jenis sawo kecik, Jati, Suren, Sengon, dan Petai sementara untuk teknis penanaman kami kerahkan personal dari Koramil Limbangan, Boja dan Patean bekerjasama dengan warga, LSM, LPPMD, Pramuka dan seluruh elemen terkait" tandas Dandim 0715/ Kendal Letkol Inf Boni Widiyanto didampingi Danramil Limbangan Kapten Inf Sudaryono.

Perdes Konservasi Air
Sekcam Limbangan Triyono Wahyu BA didampingi Kepala Desa Limbangan Suwanto (52) mengatakan, program penghijauan ini merupakan salah satu upaya menjaga kelestarian alam. Langkah lain yang dilakukan adalah konservasi air dan sumber daya alam.

Kades Suwanto yang juga merupakan pensiunan TNI AD dari Artileri Medan menambahkan pihak desa akan terus bekerjasama erat dengan TNI/Polri, aparatur kecamatan dan potensi masyarakat lainnya untuk menjaga agar alam tidak terkotori oleh polusi, bahkan kelurahan yang dipimpinnya sudah menerbitkan Peraturan Desa/ Perdes yang mengatur tentang pelestarian alam dan konservasi air termasuk didalamnya ada larangan membuang limbah, mencari ikan dengan cara memakai bahan kimia atau menyetrum di sungai.

Selain itu warga juga senantiasa diimbau untuk terus menggalakkan penanaman pohon di lahan kosong di desa tersebut.

Masyarakat setempat menyambut positif langkah penghijauan itu. Supardi SPd (46), Ketua LPPMD Kecamatan tersebut mengungkapkan pihaknya berharap langkah penghijauan ini dapat terus berlanjut sehingga efek positifnya tidak hanya berupa keindahan namun juga mendukung program pemerintah dalam rangka menciptakan Indonesia Asri dan sehat.

"Karena selama ini Limbangan terkenal sebagai desa yang berhasil maju dalam lomba desa sehat 2007 mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam even tingkat nasional," tuturnya bangga.

Mohamad (50), warga setempat juga menyatakan dukungannya terhadap upaya pelestarian alam tersebut. Menurutnya, selama ini banyak penebangan liar yang membabat habis pohon peneduh di sekitar wilayah desanya sehingga cuaca menjadi agak panas.

"Saya berharap penanaman pohon ini bisa mengembalikan keasrian dan kesejukan desa kami," kata pria berkumis itu sambil terus bersemangat menanami areal jalan dusun dengan bibit yang disediakan panitia, sebuah pemandangan indah ketika di bawah lereng gunung Ungaran itu. TNI bahu membahu bersama rakyat berjuang melestarikan lingkungan.  Aryo Widiyanto

Sumber:
Koran Surya Pagi
Edisi 20 – 26 Februari 2008
Hal 10