KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Penjelasan Pemerintah dalam rapat dengan DPR tentang  penanganan asap lintas batas.

Penjelasan Pemerintah dalam rapat dengan DPR tentang penanganan asap lintas batas.

Pencemaran Asap Lintas Batas disetujui  Dibahas dalam Sidang Paripurna.

Pada tanggal 3 September 2014 telah diselenggarakan Rapat Kerja Komisi VII DPR-RI dengan Pemerintah di Gedung Nusantara DPR-RI dengan agenda pokok pembacaan pendapat akhir fraksi-fraksi DPR-RI dan penandatanganan terhadap RUU tentang Pengesahan ASEAN Agreement on Transboundary Haze Pollution (Persetujuan ASEAN tentang Pencemaran Asap Lintas Batas atau biasa disingkat ATTHP). Raker dipimpin oleh Ketua Komisi VIII DPR, Milton Pakpahan sedangkan Pemerintah diwakili oleh Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA, Sekjen Kementerian Luar Negeri, serta perwakilan dari Direktorat Jenderal Perundang-undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Pada kesempatan tersebut seluruh fraksi yang hadir yaitu Fraksi Partai Demokrat, Golkar, PDIP, PKS, PAN, PPP, PKB, dan Gerindra telah membacakan pandangan akhir fraksinya dan menyetujui agar RUU AATHP disahkan pada Sidang Paripurna, sedangkan Fraksi Partai Hanura tidak hadir. Setelah pembacaan pandangan akhir fraksi dilanjutkan dengan penandatangan naskah RUU AATHP oleh perwakilan masing-masing fraksi dan Menteri Lingkungan Hidup.

Sementara itu dalam sambutannya, Menteri Lingkungan Hidup menyampaikan bahwa penandatangan naskah RUU Pengesahan AATHP ini merupakan momentum penting dan merupakan sinyal politik luar negeri yang kuat bagi Indonesia untuk menunjukan keseriusan dalam penangulangan kebakaran lahan dan/atau hutan. Menteri Lingkungan Hidup berharap agar RUU AATHP ini dapat disetujui pada rapat paripurna DPR yang diagendakan pada tanggal 16 September 2014 dan disahkan menjadi UU.