KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Banjarmasin, 3 Oktober 2005. “Sebetulnya saya sudah mengajak teman-teman di sekolah untuk memilah samapah organik dan anorganik, tapi kemudian bingung membuangnya karena bak sampah di depan sekolah kembali digabung lagi. Jadi bagaiman sebaiknya?”

Demikian salah satu pertanyaan pada sesi diskusi pada Lokakarya “Penguatan Peran Warga Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup & Penanganan Sampah� di Banjarmasin pada tanggal 3 Oktober 2005 yang lalu.

Untuk ke tiga kalinya, sejak tahun 2003, unit Asdep Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan bermitra dengan Pokja Wartawan Lingkungan Hidup (PWLH) Banjarmasin dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat Banjarmasin. Kegiatan-kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka ulang tahun kota Banjarmasin.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana lebih ditekankan pada pembekalan mengenai peran masyarakat dalam pelestarian lingkungan dan penghijauan kota, kali ini pembekalan lebih ditekankan pada peningkatan peran masyarakat dalam penanganan sampah, khususnya sampah rumah tangga, termasuk pembuatan kompos dan EM 4. Lebih jauh lagi, diharapkan kegiatan ini dapat terus bergulir dan berkembang menjadi aksi nyata.

Pelatihan dan Lokakarya “Penguatan Peran Warga Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup & Penanganan Sampah� dilaksanakan di Banjarmasin pada tanggal 2-3 Oktober yang lalu dengan menghadirkan H. Abdullah Baseri, pioneer pengelola sampah produktif Banjarmasin, Bachtiar Noor, ahli Tata Kota dan Pengelolaan Sampah, Kadin Kebersihan Banjarmasin dan Ir. Bambang Widyantoro, Asdep Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan, KLH. Peserta kegiatan adalah wakil siswa dan guru dari 7 (tujuh) SMA, pengurus Aisyiah, pengurus pemuda Muhammadiyah, jurnalis media cetak dan elektronik, budayawan, KADIN dll.

Setelah melakukan diskusi kelompok, kegiatan diakhiri dengan pembagian pohon secara simbolis kepada masing-masing perwakilan dari kelompok masyarakat tersebut. Selanjutnya seluruh peserta menuju SMAN 7 Banjarmasin untuk menyaksikan demo pengelolaan sampah dan penanaman pohon oleh perwakilan kelompok masyarakat tersebut (srs)

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :

Asdep Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan
Gedung B lantai 5 KLH
Telp. 021-8580087 / 021-85911211
atau
E-mail : srs@menlh.go.id, praszt@menlh.go.id