KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

“Gerakan Mahasiswa” ditunjukan oleh Himpunan Mahasiswa Planologi ITENAS Bandung dengan kegiatan nyata menanam 4.000 pohon di Desa Cikidang, Kec. Lembang, Kab. Bandung. Upaya reboisasi ini bertujuan untuk melakukan penghijauan kembali kawasan Bandung Utara guna mengembalikan fungsi kawasan daerah tersebut sebagai kawasan resapan air, serta mengajak masyarakat sekitar untuk peduli pada lingkungannya.

Pemilihan lokasi penanaman didasarkan pada tingginya index konservasi pada wilayah tersebut serta perlunya upaya konservasi terhadap babakan Citameang. Penanaman yang sudah dimulai pada minggu ke dua bulan Mei 2005 ini melibatkan masyarakat Desa Cikidang dalam kegiatannya. Pohon mahoni dan suren ditanam pada kanan dan kiri sepadan sungai Cimareme sepanjang kurang lebih 3 km. Sedangkan tanaman nangka dan alpukat dibagikan ke penduduk Desa Cikidang sesuai dengan permintaan.

Pada acara seremonial “Gerakan Reboisasi Mahasiswa Planologi ITENAS� yang dihadiri oleh sekitar 100 orang pada tanggal 15 Mei 2005, Deputi Menteri Negara Lingkungan Hidup, Ir. Isa Karmisa menyatakan apresiasinya atas upaya para mahasiswa dan para pengajar ITENAS dalam berpartisipasi menanggulangi masalah lingkungan di Kabupaten Bandung. Beliau mengajak seluruh masyarakat untuk menanam pohon sehingga mengembalikan Pasundan menjadi daerah yang hijau dan lestari.

Dalam doa penutupnya, Ir. Ahmad Setiabudi, dosen pembimbing para mahasiswa, menyampaikan harapannya semoga amalan penanaman pohon ini dapat menjadi amal jahiriah bagi siapa saja yang menanamnya dan bagi siapa saja yang memeliharanya. Kementerian Lingkungan Hidup melalui Program Warga Madani mendukung kegiatan kelompok pemuda dalam melaksanakan inisiatif lokal memecahkan permasalahan lingkungan hidup di sekitarnya (sss).

Informasi lebih lanjut:
Asisten Deputi urusan Masyarakat Perkotaan
Kementerian Lingkungan Hidup
Jl. D.I. Panjaitan kav. 24, Jakarta
Tel/fax.: (021) 85911211
Email: thm@menlh.go.id / sinta@menlh.go.id