KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 12 Desember 2005, bertempat di Gedung Pertemuan BKKBN Halim Jakarta, Asisten Deputi Urusan Standarisasi, Teknologi dan Produksi Bersih (selanjutnya disebut Asdep Standteksih) menyelenggarakan Forum Konsultasi stakeholder terbatas untuk membahas pokok-pokok substansi Rancangan Pedoman Umum Standarisasi Kompetensi Personil dan Lembaga Jasa Lingkungan. Pertemuan dihadiri oleh a.l. perwakilan dari INKINDO, IATPI, BPLHD Jawa Barat, BPLHD DKI, Dep Perindustrian, ITB, API dan beberapa lembaga jasa lingkungan.

Sesuai fungsi KLH sebagai instansi yang bertanggungjawab dalam pengembangan standarisasi di bidang lingkungan maka pertemuan forum konsultasi stakeholder terbatas ini merupakan lanjutan dari serangkaian pertemuan yang telah dilaksanakan KLH untuk mencapai kesepakatan para pihak berkepentingan mengenai Pedoman Umum Standarisasi Kompetensi Personil dan Lembaga Jasa Lingkungan, yang menjadi landasan kebijakan nasional dalam upaya peningkatan kualitas para pelaksana pengelolaan lingkungan di Indonesia secara efektif dan sistematis. Pedoman umum ini adalah ‘payung’ dalam pengembangan standarisasi kompetensi nasional di bidang lingkungan, terkait dengan kewenangan, kelembagaan, program dan peran antar pihak.

Pada pertemuan tersebut pokok-pokok substansi dalam rancangan pedoman tersebut telah dapat disepakati, dan telah teridentifikasi beberapa materi yang perlu dirinci lebih lanjut oleh beberapa Kelompok Kerja yang melibatkan tim KLH dan beberapa wakil stakeholder. Materi tersebut adalah: sistem standarisasi kompetensi yang bersifat komplementer terhadap sistem Standar Nasional Indonesia dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia; kualifikasi dan klasifikasi personil dan lembaga jasa lingkungan di Indonesia; pemetaan dan tinjauan terhadap standar dan/atau sistem sertifikasi yang telah ada. Selain itu juga diperlukan penyusunan program peningkatan kapasitas nasional dalam hal kompetensi personil dan lembaga jasa lingkungan.

Proses penyempurnaan terhadap rancangan pedoman ini masih terus dilaksanakan dan dikoordinasikan oleh Asdep Standteksih sampai triwulan I Tahun 2006.

Untuk itu, kami mengundang masukan dan saran dari para wakil pemangku kepentingan guna penyempurnaan Rancangan Pedoman Umum Standarisasi Kompetensi Personil dan Lembaga Jasa Lingkungan; dan juga usulan dari wakil pihak berkepentingan untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan peran Kelompok Kerja.
Diharapkan masukan dan saran dapat disampaikan selambat – lambatnya pada tanggal 27 Januari 2006.

Kontak:
Asdep Urusan Standardisasi, Teknologi dan Produksi Bersih
Deputi MENLH Bidang Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Gdg.A Lt.6 Jl. D.I Panjaitan Kav.24 Kebon Nanas
Jakarta Timur
Telp/Fax : 021-8584638, 85906167
E-mail : Standtek @menlh.go.id