KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kota Jakarta Pusat Raih 8 Anugerah Lingkungan Hidup

JAKARTA, SUAR- Kota Jakarta Pusat DKI Jakarta, selain meraih anugerah Adipura juga memperoleh 7 anugerah lingkungan hidup lainnnya. "Kita bangga dan bergembira, karena untuk Adipura, Jakarta Pusat memperoleh nilai tertingggi. Selain itu, Jakarta Pusat juga berhasil mendapat 7 penghargaan lingkungan hidup lainnya," kata Walikota Jakarta Pusat, Sylviana Murni, sebelum melepas peserta Kirab Adipura, Minggu 7 Juni di Taman Menteng Jakarta.

Dijelaskannya, penghargaan lingkungan lainnya antara lain, anugerah Kalpataru atas MCK (mandi cuci kakus) plus plus, penghargaan atas teknologi tepat guna atas MCK plus plus, penghargaan atas Taman Situ Lembang sebagai taman terindah, Pasar Bendungan Hilir sebagai pasar terbersih, dan SDN Bendungan Hilir 12 sebagai Sekolah Model Adiwiyata (berwawasan lingkungan).

Selain penghargaan dari pemerintah, Jakarta Pusat juga mendapat dua piagam dari MURI (Museum Rekor Indonesia), yakni masing-masing sebagai Pemrakarsa Gerakan Kebersihan 257 Halte Bus dan Program Cinta Lingkungan Halte Bersih.

Penyerahan Piala Adipura, diberikan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, pada puncak peringatan Hari Lingkungan, Jumat, 5 Juni silam.

Banyaknya penghargaan kepada Jakarta Pusat, menurut Sylviana Murni, jelas bukan semata-mata atas kinerja dirinya seorang, tetapi karena adanya dukungan dari semua pihak, termasuk masyarakat. "Prestasi yang diraih Jakarta Pusat adalah kemenangan kita semua. Para Pengurus RT, RW, Kepala Pasar, Kepala Stasion Kereta Api, para Camat, Lurah, pengurus mesjid dan lain-lain memiliki kontribusi besar sehingga Jakarta Pusat memperoleh berbagai penghargaan di tahun 2009 ini. Tentunya juga berkat pencanangan yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta," tegas Sylviana Murni. Paulus Londo

Sumber:
Koran Akar Rumput
Edisi 18-24 Juni 2009