KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada hari ini, 26 Desember 2005, Kementerian Negara Lingkungan Hidup menyelenggarakan rangkaian kegiatan Peringatan 1 Tahun Tsunami dengan mengadakan Memorial Lecture dan Diskusi Panel Tata Ruang dan Infrastruktur Data Lingkungan. Rangkaian kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan evaluasi dan sosialisasi satu tahun pelaksanaan kegiatan penataan ruang dan pengelolaan lingkungan dalam rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh dan Nias. Kegiatan ini dihadiri oleh para pakar dan praktisi yang terlibat dalam penanganan bencana pasca Tsunami.

Memorial Lecture. Merupakan presentasi para pakar dan praktisi yang telah melakukan kegiatan dan inovasi di berbagai bidang, di areal yang terkena yang terkena dampak Tsunami di wilayah Aceh dan Nias. Setiap paparan yang disampaikan akan meggambarkan persoalan yang dihadapi(kualitatif/kuantitatif), evaluasi selama 1 tahun, serta rekomendasi. Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 26-30 Desember 2005 dan tanggal 4-6 Januari 2006.

Diskusi Panel Tata Ruang dan Infrastruktur Data. Diskusi panel ini akan membahas dua topik utama:(1) evaluasi kebijakan penataan ruang (2). infrastrukur data dan informasi. Pembahasan isu kebijakan akan memfokuskan pada kesenjangan penyusunan kebijakan di tingkat makro dan pelaksanaan di tingkat mikro. Sedangkan pembahasan mengenai infrastruktur data dan informasi akan memfokuskan pada sejauh mana penyusunan kebijakan penataan ruang didukung oleh tersedianya data dan informasi yang memadai baik kualitas maupun kuantitasnya. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 dan18 Januari 2006. Diharapkan dari diskusi panel ini akan tersusun rencana aksi dan kertas posisi terutama dalam mengatasi berbagai kesenjangan yang terjadi pada pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi di tahun-tahun mendatang.

Selain itu, rangkain kegiatan ini akan dilanjutkan dengan Lokakarya di Banda Aceh dan Penandatanganan MOU. Kegiatan ini merupakan kegiatan langsung dalam memfasilitasi dan mendukung kegiatan pemulihan lingkungan melalui berbagai dukungan khususnya kepada Kantor Bapedalda di tingkat Propinsi dan Kabupaten/Kota di Aceh dan Nias.

Adanya kesenjangan antara penyusunan kebijakan di tingkat makro serta dorongan percepatan pelaksanaan rehabilitasi dan pemulihan di tingkat mikro menyebabkan perlu adanya langkah yang komprehensif dan sistematik untuk menyelesaikan berbagai kesenjangan di lapangan. Selain itu terbatasnya data dan informasi lingkungan pada skala rinci menyebabkan kesesuaian akan alokasi ruang sangat jauh dari harapan bahkan akan mengakibatkan kerusakan lingkungan sosial maupun fisik di masa depan.

Sehingga dari rangkaian kegiatan ini diharapkan mampu: (1). Mengidentifikasi /mengkonfirmasi berbagai persoalan lingkungan di lapangan serta memberikan rekomendasi bagi perbaikan penataan ruang dan pengelolaan lingkungan di tahun-tahun mendatang (2). Menyusun Rencana Aksi Tindak Lanjut baik pembangunan data/informasi dan jaringan informasi lingkungan maupun kegiatan pendukung lainnya.

Informasi:
Asisten Deputi Bidang Data dan Informasi Lingkungan
Deputi Bidang Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Jalan. DI. Panjaitan Kav. 24, Jakarta 13410
Tel./Fax.:(021) 8580081
E-mail:aini@menlh.go.id