KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Memorial Lecture dan Diskusi Panel

Asisten Deputi Bidang Data dan Informasi(DATIN), Deputi Bidang Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas bekerjasama dengan Kelompok Kerja KLH untuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi akan mengadakan rangkaian kegiatan Memorial Lecture dan Diskusi Panel tentang Kualitas Lingkungan setelah 1 Tahun Tsunami Aceh. Kegiatan rangka memperingati satu tahun Bencana Tsunami di Provinsi Nangro Aceh Darussalam(NAD) dan Nias ini dimaksudkan sebagai evaluasi dan sosialisasi satu tahun pelaksanaan kegiatan penataan ruang dan pengelolaan lingkungan dalam rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh dan Nias.

Memorial Lectur akan dilaksanakan pada tanggal 26-30 Desember 2005 dan 4-6 Januari 2006, pukul 09.30-11.30 WIB, bertempat di Gedung C, Lantai 2, Kementrian Lingkungan Hidup.

Secara khusus kegiatan ini ditujukan untuk: (1). Mengidentifikasi /mengkonfirmasi berbagai persoalan lingkungan di lapangan dan memberikan rekomendasi bagi perbaikan penataan ruang di masa datang (2). Menyusun Rencana Aksi Tindak Lanjut pembangunan jaringan informasi dan kegiatan pendukung lainnya.

Tiga kegiatan utama dalam peringatan satu tahun tsunami adalah memorial lecture, diskusi panel penataan ruang dan infrastruktur data dan informasi, dan penandatanganan MOU untuk kegiatan pemulihan lingkungan di Propinsi NAD.

Memorial Lecture

Merupakan presentasi para pakar dan praktisi yang telah melakukan kegiatan dan inovasi di berbagai bidang di areal yang terkena yang terkena dampak Tsunami di Aceh dan Nias. Setiap paparan menggambarkan persoalan yang dihadapi (kualitatif/kuantitatif), evaluasi selama 1 tahun, serta rekomendasi.

Topik presentasi yang akan disampaikan:

• Tsunami dan Kerentanan Bencana Wilayah Pesisir Sumatera, Dr. Ir. Hamzah Latief, Pusat Studi Bencana, ITB
• Restorasi dan Pemulihan Lingkungan Wilayah Pesisir, Dr. Nyoman, Wetland International
• Kerusakan Hutan dan Green Plan untuk Aceh dan Nias, Nana Firman, WWF-Indonesia
• Kualitas Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat, Dr. Tri Prasetyo, WHO Internacional*)
• Tata Ruang dan Inovasi Eco-Settlement Aceh dan Nias, Nana Terangna, Puslitbang Permukiman*)
• Pengelolaan DAS Terpadu Kawasan DAS Pantai Barat Aceh, Hari Wibowo dan Tim, Divisi GIS dan Remote Sensing, Kementrian Lingkungan Hidup
• Peningkatan Kapasitas Kelembagaan BAPEDALDA dalam Analisis
Spasial: Pengalaman UNEP/KLH Capacity Building Project, Farhan Helmy, LO UNEP-ERP/KLH

Diskusi Panel Tata ruang dan Infrastruktur Data

Diskusi panel ini akan membahas dua topik utama, yaitu: kebijakan dan infrastruktur data dan informasi, yang dilanjutkan dengan dialog penyusunan rencana tindak. Pembahasan isu kebijakan akan memfokuskan pada kesenjangan penyusunan kebijakan di tingkat makro dan pelaksanaan di tingkat mikro. Sedangkan pembahasan mengenai infrastruktur data dan informasi akan memfokuskan pada sejauh mana penyusunan kebijakan penataan ruang didukung oleh tersedianya data dan informasi yang memadai baik kualitas maupun kuantitasnya. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 13 dan 18 Januari 2006.

Penandatanganan MOU dan Lokakarya Pemulihan Aceh

Kegiatan ini merupakan kegiatan langsung dalam memfasilitasi dan mendukung kegiatan pemulihan lingkungan melalui berbagai dukungan khususnya kepada Kantor Bapedalda di tingkat Propinsi dan Kabupaten. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Banda Aceh, pada tanggal 29 Januari 2006.

Informasi lebih lanjut untuk partsipasi dalam rangkaian kegiatan ini, silahkan menghubungi:

Informasi:
Adi Fajar Ramly
Asisten Deputi Data dan Informasi
Kementrian Negara Lingkungan Hidup
Tel./Fax.: 021-8580081
Email:fajar@menlh.go.id