KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

Jakarta, 31 Januari 2004 — Menteri Negara Lingkungan Hidup, Rahmat Witoelar, melakukan kunjungan kerja selama dua hari (27-28 Januari 2005) ke Aceh untuk melihat secara langsung kerusakan lingkungan akibat gempa bumi dan tsunami. Kunjungan lapangan Menteri meliputi kota Banda Aceh dan sekitarnya, Meulaboh, dan Calang dengan menggunakan helikopter UNHCR.

Menteri juga mengunjungi pabrik PT. Semen Andalas Indonesia (PT. SAI) yang mengalami kerusakan, dan berdialog dengan perwakilan PT. SAI mengenai rehabilitasi dan rekonstruksi kembali pabrik semen tersebut dengan mempertimbangkan aspek lingkungan.

Kunjungan Meneg LH kemudian dilanjutkan ke tempat pengungsian di Lhok Nga, dimana Menteri berdialog dengan para pengungsi serta sukarelawan internasional yang kebanyakan adalah tenaga paramedis dan ahli sanitasi lingkungan. Menteri Lingkungan Hidup, Rachmat Witoelar, kemudian menyempatkan menengok bayi yang baru lahir di tenda pengungsian dan memberi nama bayi perempuan tersebut dengan nama Nur Rahmatiah. Selama di lokasi pengungsian, Menteri makan siang dengan menu sederhana bersama para sukarelawan dan Keuchik (Lurah di pengungsian), dimana Menteri turut meminum air olahan secara langsung dari keran.

Selain kunjungan ke lapangan, Meneg LH juga melakukan dialog dengan para budayawan, Panglima Laot (LSM Nelayan), masyarakat nelayan, WALHI NAD, dan Yayasan Leuser Internasional untuk mendapat masukan mengenai program rehabilitasi lingkungan dan rekonstruksi kembali Aceh yang sesuai dengan budayanya dan mempertimbangkan aspek-aspek lingkungan hidup.

Hasil kunjungan Meneg LH dan temuan lapangan tim KLH yang telah lebih dulu diberangkatkan akan diolah untuk memperoleh rekomendasi yang komprehensif kepada Presiden dan departemen terkait dalam pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi kembali daerah bencana. Salah satu masukan penting yang akan disampaikan adalah informasi zonasi daerah berdasarkan tingkat kontaminasi zat berbahaya dan beracun yang terjadi.

Dipublikasikan oleh : Asdep Urusan Informasi
Telp. 021-858 0081/Fax. 021-859 00103
e-mail : infolh@menlh.go.id