KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kementerian Negara Lingkungan Hidup pada hari Rabu, 27 Mai 2009 tiga orang penerima KEHATI AWARD 2009 yang didampingi pengurus Yayasan KEHATI hadir.  Mereka diterima oleh Sekretaris Menteri, Arief Yuwono dan Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, Sri Hudyastuti serta jajaran staf KNLH yang bidang tugasnya terkait dengan keanekaragaman hayati.

Pada kesempatan itu, SESMEN LH berpesan: "bahwa penghargaan ini tidak melupakan tugas utama kita memelihara alam dan lingkungan dan selalu bersinergi dengan sesama pemenang lainnya sehingga ada upaya untuk memperjuangkan lingkungan yang lebih baik terus menerus dan tidak cepat merasa puas. Dengan cara terus belajar dan berbagi sesama penggiat lingkungan tentunya yaitu Yayasan, KLH, maupun para pemenang lainnya baik yang digagas oleh yayasan KEHATI maupun KLH".

Tiga penerima Kehati Award yang hadir adalah;  Saein, S.P. (Kelompok Tani Gemah Ripah II), Sancaya Rini (Creative Kanawida), Klub Sahabat Alam. Sedangkan tiga  lainnya yang berhalangan adalah Wakil Masyarakat Adat Hutan Wonosadi, Sofyan Hadi, H. M. Maryono (PT. Samala Nusantara.

Kehati Award diberikan dalam 5 kategori, yaitu:

  1. Prakarsa Lestari Kehati: Diberikan kepada perseorangan atau kelompok/organisasi dari komunitas masyarakat lokal, seperti masyarakat adat, rukun warga desa, Karang Taruna, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Organisasi non-pemerintah (Ornop) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), serta kelompok lain yang berbasis masyarakat lokal.
  2. Pendorong Lestari Kehati: Diberikan kepada perseorangan atau unit/bagian dari suatu lembaga kedinasan, badan pelayanan publik atau instansi pemerintahan/lembaga negara di tingkat pusat ataupun di daerah (provinsi, kabupaten, kota, kecamatan atau desa).
  3. Peduli Lestari Kehati: Diberikan kepada perseorangan atau kelompok/unit usaha dari sektor dunia usaha, baik perusahaan swasta (domestik/asing), Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, ataupun koperasi.
  4. Cipta Lestari Kehati: Diberikan kepada perseorangan atau kelompok/institusi dari dunia ilmu pengetahuan dan teknologi atau masyarakat ilmiah, baik insan akademik (perguruan tinggi, institut pendidikan, sekolah) maupun para peneliti dari lembaga penelitian dan pengembangan.
  5. Citra Lestari Kehati: Diberikan kepada perseorangan atau kelompok/organisasi dari kalangan media dan komunikasi massa (termasuk jurnalis media cetak dan elektronik) serta pelaku seni dan budaya. (ry)

Sumber:
Staf Ahli MENLH Bidang Ekonomi
dan Pengentasan Kemiskinan