KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


Lamongan, 23-03-2006. Pasar adalah salah satu unsur pembentuk kota yang sangat penting dimana semua orang berkumpul untuk melakukan pertukaran berbagai barang dan jasa dan tentunya dalam satu komunikasi warga kota . Pada perkembangan selanjutnya dengan adanya pasar-pasar modern maka keberadaan pasar tradisional in mulai terpinggirkan dan tidak dikelola secara baik sebagai salah satu symbol kota . Pasar cenderung menjadi “unmanage Area” yang kumuh kotor dan bau. Tidak berbeda halnya dengan Lamongan yang memiliki 6 UPT pasar yang tersebar di di tengah maupun sudut kota. Pasar ikan lamongan merupakan pasar terbesar di Jawa Timur, sedangkan pasar Sidoarjo merupakan pasar yang strategis yang berhubungan dengan Kota Surabaya.

Pertumbuhan ekonomi Lamongan sebagai kota kecil sungguhlah menggembirakan akan tetapi kita juga harus mewaspadai beban Lingkungan yang akan ditimbulkan dengan adanya perluasan ekonomi dan eksploitasi sumberdaya alam. Untuk Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan, Pemda Lamongan, Universitas Brawijaya dan semua stakeholder baik pedagang maupun para pengelola pasar dan Lingkungan pasar bersama-sama mencoba menemukenali persoalan-persoalan Lingkungan di pasar dan mencoba untuk membuat solusi-solusi yang paling memungkinkan untuk dikerjakan secara bersama-sama.

Untuk memberikan gambaran nyata pengelolaan sampah yang dilakukan komunitas maka para pihak yang peduli dengan Lingkungan ini melakukan pembelajaran di Karah sebagai salah satu depo pengelolaan sampah dan Desa Jambangan Surabaya yang berhasil melakukan usaha mandiri pengelolaan sampah berbasis komunitas.

Proses itu kemudian dilanjutkan dengan membuat action learning bersama di lamongan untuk meletakan dasar-dasar program yang akan ditindaklanjuti secara bersama-sama. Dalam proses ini semua berada dalam tataran yang sama. Para staf pemda yang mempunyai karakter biroktat bertemu berdiskusi dengan LSM yang biasanya menentang kebijakan Pemda bahkan para penarik gerobak pasar yang ada dalam kelompok diskusi tidak canggung untuk ikut menumpahkan pemikiran untuk pengelolaan pasar yang lebih baik.

 

Informasi Lebih lanjut

Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
(Asdep 3/VI)

021-85911211,

praszt@menlh.go.id