KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kementerian Lingkungan Hidup telah mengadakan Lokakarya Pendidikan Lingkungan bagi guru-guru SLTA pada tanggal 25 November 2004. Dalam kesempatan tersebut seorang guru bernama Deny Suwarja telah memaparkan pengalamannya dalam penerapan Science Beyond the Classroom menunjukkan pentingnya program lingkungan yang terpadu dan praktek lapangan dalam kehidupan sehari-hari untuk dapat merubah pola pikir dan pola perilaku siswa. Guru-guru seperti Deny Suwarja ini kiranya menjadi garis terdepan untuk pendidikan lingkungan di Indonesia. Sehingga Pemahaman terhadap pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat luas terutama anak-anak perlu ditumbuhkan sejak dini, karena mereka adalah generasi penerus dan pemimpin masa depan. Masih berlangsungnya proses kerusakan lingkungan telah mendorong berbagai pihak untuk lebih saling bekerjasama dan mengembangkan program-program baik yang bersifat fisik maupun non fisik untuk mengatasi kerusakan lingkungan. Program-program yang bersifat non fisik seperti perubakan pola perilaku dan perubahan cara pandang masyarakat terhadap lingkungan yang lebih baik harus terus ditingkatkan.

Salah satu strategi untuk itu adalah memberikan pemahaman lingkungan yang lebih dalam kepada guru adalah melalui kegiatan Lomba. Lokakarya tersebut merupakan awal dari Lomba Program Lingkungan bagi Guru SLTA SLTA untuk meningkatkan minat guru untuk lebih tertarik mempelajari lingkungan sebagai salah satu materi ajar dan memberi konteks kepada persoalan lingkungan yang dihadapi siswa-siswanya. Meningkatkan potensi Guru sebagai salah satu pelaku dan penggerak di bidang lingkungan adalah salah satu jawaban untuk menyelamatkan lingkungan dan sumberdaya alam bagi masa depan Indonesia dan masa depan anak cucu kita.

Melalui tukar pengalaman dalam lokakarya dan Lomba Program Lingkungan Bagi Guru SLTA diharapkan dapat meningkatkan kreativitas guru dalam membangun konsep mengajar yang yang lebih mengena bagi anak didik dalam pemahaman lingkungan mereka sampai kepada praktek keseharian siswa mengenai ramah lingkungan sebagai gaya hidup. Program ini diharapkan dapat menjadikan komunitas pendidikan sebagai model pembelajaran bagi masyarakat yang ada di sekitarnya.

Informasi lebih lanjut :
Asisten Deputi Bidang Urusan Masyarakat Perkotaan, KLH
Tel : (021) 8591 1211, Fax : (021) 858 0087
Email : srs@menlh.go.id , praszt@menlh.go.id