KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 11 – 12 Januari yang lalu telah diadakan Lokakarya “Strategi Penguatan Keberdayaan Kota Ambon Dalam Program Gerakan Peduli Lingkungan� yang digagas oleh LSM setempat Yaitu Yayasan Arman yang pada tahun 2003 pernah mendapatkan penghargaan Kalpataru dari Kementrian Lingkungan Hidup melalui Pelestarian Hutan Mangrovenya. Seluruh elemen masyarakat sedang mencoba bangkit dari keterpurukan setelah didera konflik sosial yang sangat panjang, salah satunya adalah sisi Lingkungan Hidup yang mulai muncul inisiatif-inisiatif lokal yang cukup baik. Kegiatan ini diukung pula oleh Pemerintah Kota Ambon dan Deputi III, Kementerian Lingkungan Hidup.

Pasca kerusuhan Ambon pengelolaan lingkungan masih sangat jauh dari memadai. Untuk itu kegiatan lokakarya ini adalah salah satu dari usaha masyarakat Ambon yang sangat didukung oleh Walikota Ambon yang menghadiri acara tersebut. Dalam kesempatan tersebut dikemukakan bahwa pemerintah kota sangat mengharapkan keterlibatan seluruh komunitas di Ambon untuk membangun kembali Ambon dan menata Lingkungan hidupnya secara lebih baik, karena Pemerintah Kota tidak akan mampu melakukannya sendiri tanpa bantuan dari semua pihak di kota Ambon.

Peran aktif masyarakat menjadi kunci utama dari keberhasilan pengelolaan lingkungan sehingga keberdayaan mereka secara ekonomi dan sosial harus dipulihkan terlebih dahulu untuk menuju pengelolaan Lingkungan Hidup yang lebih baik. Kaum perempuan kota Ambon juga menjadi salah pilar utama dari pengelolaan Lingkungan berbasis komunitas ini.

Melalui peran aktif seluruh pihak tersebut maka diharapkan masyarakat akan memiliki keberdayaan dalam pelestarian lingkungan yang akan menghasilkan:

1. dukungan pelestarian lingkungan dari kekuatan-kekuatan di masyarakat, termasuk dukungan dari kekuatan politik primer;
2. masyarakat yang memiliki kemampuan dan aktif berperan serta secara efektif melalui mekanisme demokrasi;
3. Pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah, yang memiliki kemampuan ketataprajaan di bidang lingkungan hidup (good environmental governance), agar mampu menjawab tantangan dari masyarakat yang sudah diberdayakan;
4. penaatan dalam pengelolaan lingkungan.

Informasi lebih lanjut :
Asisten Deputi Bidang Urusan Masyarakat Perkotaan, KLH
Tel : (021) 8591 1211, Fax : (021) 858 0087