KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Usaha pelestarian lingkungan hidup menuju pembangunan yang berkelanjutan adalah usaha yang tidak terlepas dari usaha untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat juga. Untuk itu, setiap usaha pelestarian lingkungan harus menyentuh kebutuhan nyata masyarakat dan mendorong kemandirian masyarakat. Berdasarkan hal tersebut maka KLH menjalin kerja sama dengan FKPSM yang telah mempunyai jaringan di seluruh Indonesia. Untuk menyebarluaskan pentingnya pelestarian lingkungan hidup yang berkaitan dengan usaha peningkatan kesejahteraan masyarakat maka, KLH bekerja sama dengan FKPSM Sumatera Utara mengadakan lokakarya dengan tema “TOT Pendampingan Masyarakat Dalam rangka Pembangunan Kessos dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang diselenggarakan pada tanggal 12 – 14 Mei 2005 di Berastagi, Medan. Peserta yang hadir dalam lokakarya adalah sejumlah 75 orang dari PSM se-Sumatera Utara, Dinas Sosial Kabupaten Karo, Dinas Sosial Propinsi Sumut, Dinas kehutanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten karo, Bapedalda Propinsi Sumut, Departemen Sosial dan pelajar SLTP di Kabupaten Karo.

Lokakarya terutama ditujukan untuk membekali peserta, khususnya anggota FKPSM Sumatera Utara, tentang isu lingkungan hidup di wilayah Sumatera Utara, isu lingkungan hidup terkait dengan isu nasional maupun global dan pentingnya peran serta masyarakat dalam pembangunan lingkungan hidup. Diharapkan setelah selesai mengikuti kegiatan ini, anggota FKPSM Sumatera Utara dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat mengenai usaha pelestarian lingkungan hidup dapat membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat, memberikan contoh nyata di lapangan kepada masyarakat, membantu masyarakat menyuarakan aspirasi untuk mewujudkan lingkungan hidup melalui mekanisme demokrasi dan mendorong tumbuhnya inisiatif dan kemandirian di masyarakat untuk melakukan aksi nyata dalam pelestarian lingkungan hidup.

Yang mewakili KLH untuk hadir dalam kegiatan ini adalah Deputi Menteri Negara Lingkungan Hidup, Bidang Pengembangan Peran Masyarakat dan Asisten Deputi Urusan Masyarakat Perkotaan beserta staf.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:
Asdep Urusan Masyarakat Perkotaan, KLH
Telp/fax: 021-85911211, 8580087