KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

unisulla.jpgKementerian Negara Lingkungan Hidup, cq Asdep Urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotan pada Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat bekerja sama dengan Fakultas Tehnik Lingkungan Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang, pada tanggal 18 Juni 2008 mengadakan Lokakarya Sehari tentang Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup. Lokakarya tersebut selain dihadiri oleh Civitas Akademika mahasiswa UNISSULA, juga  dihadiri  oleh Lembaga legislatif Prop. Semarang, TIM AMDAL Provinsi dan Kota Semarang , tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pengusaha serta kalangan Pers.

Dekan Fakultas Tehnik Lingkungan dalam sambutannya beliau diantaranya mengatakan bahwa akhir-akhir ini kerusakan lingkungan di Indonesia bahkan dunia semakin memprihatinkan, rusaknya lingkungan  menimbulkan ketidak seimbangan tata lingkungan. Ulah manusia ini juga mengakibatkan terjadinya becana baik di daratan maupun di lautan. Seperti apa yang di berfirman ALLAH, yang artinya : Telah tampak kerusakan di darat dan di laut dikarenakan perbuatan masusia ………QS. 30 (AL-Ruum): 41. Sebagai generasi muda, generasi penerus  mahasiswa Fakultas Tehnik Lingkungan, yang telah dibekali ilmu khususnya tehnik lingkungan diharapkan  mampu mengelola bumi kita ini, alam kita ini, agar  dimasa yang akan datang lingkungan kita lebih baik  demi anak cucu kita.
.
Sambutan Gubernur Jawa tengah yang dibacakan oleh Badan Lingkungan Hidup Jawa Tengah, dalam sambutannya diantaranya beliau mengatakan Pemprop Jateng telah banyak kegaiatan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan lingkungan, telah melaksanakan kegiatan berbagai proram lingkungan di berbagai seperti Cinta Produksi besih, Sosialisasi ke masyarakat tentang permasalahan lingkungan, Pembinaan Teknis produk ramah lingkungan yang berskala besar maupun kecil secara klaster, seperti industri kecil tahu di Tegal, industri pengecoran logam di Klaten, industri knalpot di Purbalingga, Industri batik di Pekalongan dan Sragen. Beliau juga meyakinkan kepada hadirin khususnya mahasiswa UNISSULA, bahwa memelihara lingkungan (misalnya meneglola sampah) itu kalau diniati akan bernilai Ibadah, yang nantinya akan memperoleh pahala dari Allah SWT.

Narasumber dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang diwakili Oleh Asdep urusan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan  menyampaikan makalahnya tentang Pemanasan Global dan Dampaknya. Pemanasan Global kecenderungannya semakin meningkat, semakin memprihatinkan, penyebab permasalahannya diantaranya, seperti adanya Efek Gas Rumah kaca yang penyebabnya dari pembuangan emisi bahan bakar fosil dan kerusakan lahan dan hutan.  Perubahan iklim juga berdampak terhadap pangan, air, ecosistem, kondisi cuaca yang ektrim serta menurunnya panen di banyak daerah, menurunnya ketersediaan air di banyak darah, meningkatnya kepunahan jumlah species, meningkatnya intensitas badai, kebakaran hutan, kekeringan, banjir dan gelombang panas, yang semuanya itu manusia ikut andil.  Sedang narasumber dari Badan Lingkungan Hidup Pemprop Semarang untuk menangani masalah lingkungan perlu dilakukan pendekatan-pendekatan lingkungan hidup, seperti mandatori, volentre, intrumen kebijakan (insentif/disinsentif), mekanisme kebijakan melalui tekanan publik, pendekatan penguatan kelembagaan (preser, melalui pemberdayaan).

Lokakarya sehari tentang Upaya pelestarian lingkungan Hidup di UNISSULA ini, akan ditindak lanjuti berbagai kegiatan, dengan program lima tahun (2008 -2013) yang berbentuk kegiatan seperti: Pengelolaan limbah cair dan limbah B3, Pengelolaan limbah padat ampas ketela bahan tapioka untuk pakan ternak, Sedangkan di Kab. Pati akan dilakukan pengelolaan tambang tras bahan bataco. Pengelolaan limbah padat serbuk gergaji untuk briket dan pengelolaan limbah padat kulit sekam untuk briket juga akan dilakukan di Kab. Demak. Adapun pengelolaan limbah padat jerami untuk makanan ternak di musim kemarau akan digarap di Kab. Kudus, serta Pengelolaan tambang Garam bleng sebagai bahan pengenyal alami di Kab. Grobogan Purwodadi.

Selain program kegiatan tersebut di atas Mahasiswa Fak tehnik lingkungan juga akan melakukan sosialisasi penaggulangan masalah lingkungan diberbagai daerah, pengadaan kader pendampingan penanganan pencemaran lingkungan (KP3L) dari unsur masyarakat, monitiring terhadap tindakan yang mengarah ke perusakan lingkungan serta pembentukan Lembaga Swadaya Masyarakat sebagai kerja Lembaga Cinta Alam Sultan agung (L-CASA) UNISSULA Semarang.

Sumber:
Asdep Masyarakat Perkotaan
Jl. DI Panjaitan Kav 24 Kb. Nanas, Jakarta Timur
Tlp/Fek : 021-85911211