KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

MENGOLAH BUMI, MENGASAH NURANI, UNTUK ANAK CUCU NANTI

Agenda / Event. Nusantara yang dijuluki sebagai Zamrud Khatulistiwa ini mendadak seolah menjadi negeri yang ringkih. Saat musim kemarau datang, tanah seakan enggan ditanami. Ratusan ribu perut kelaparan, dan tidak sedikit yang berujung pada kematian. Tatkala musim hujan tiba, banjirpun datang menghancurkan semua yang dilaluinya.

Saling menyalahkan, tentu bukan solusi. Sudah cukup lama kekayaan alam dengan keberagaman flora dan fauna tidak diberdayakan secara berkelanjutan. Kenyataan yang terlihat adalah tindakan eksploitasi yang berlebihan dengan memperdulikan kelestarian, alam. Pemanfaatan potensi alam hanya dilakukan dengan orientasi jangka pendek, bukan jangka panjang. Ironisnya, semakin kencang teknologi yang kita pacu untuk mengeksplorasi lingkungan, semakin besar pula hutang kita pada sang alam.

Pengelolaan lingkungan hidup seyogyanya dilakukan melalui pendekatan yang komprehensif, terintegrasi dan berkesinam. Tantangan untuk mengimplementasikan pendekatan itu tidak terbatas pada penciptaan teknologi yang ramah lingkungan semata, tetapi lebih terkait erat dengan sumber daya manusianya. Pemahaman, ketrampila dan komitmen penuh akan mampu mengubah filosofi kita dalam berinteraksi dengan alam untuk mewariskan “lingkungan yang asri bagi anak cucu kita�.

Tuangkan gagasan dan hasil perenungan kalian dalam bentuk esai sebagai salah satu sumbang saran generasi muda dalam mengkampanyekan pentingnya pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam tanpa mengabaikan kelestarian dan keasrian lingkungan itu sendiri.

Alamat Pengiriman dan Informasi Lebih lanjut:

Dharma Wanita Persatuan
Kementerian Negara lingkungan Hidup
Gedung A, lantai 1, Jl. D.I. Panjaitan Kav. 24.
Jakarta Timur 1310. Telp/Fax. 021 – 8518132
Atau E-mail: dwp_klh@menlh.go.id
Batas Waktu Pengiriman ESAI 28 April 2006

Informasi lainnya dapat dibaca, dilihat dan didengarkan pada Majalah Gadis No. 9, 16 dan 18, Radio Prambors dan RCTI