KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Dalam Memperingati hari Ozon Internasional yang jatuh tanggal 16 September, Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan BPLHD (Badan pengelola Lingkungan Hidup Daerah) Propinsi DKI Jakarta, Dinas Kebersihan DKI Jakarta dan Dinas Pendidikan Dasar Propinsi DKI Jakarta mengadakan Lomba Lukis Tong Sampah yang hanya di peruntukan untuk siswa-siswa sekolah Dasar. Lomba lukis ini mengambil lokasi di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur pada hari Sabtu, tanggal 31 Agustus 2003.

Acara lomba ini di buka oleh Dra. Liana Bratasida, M.S, Deputi Urusan Pelestarian Lingkungan Hidup Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Lomba ini di ikuti oleh 60 orang siswa sekolah dasar usia 6 sampai 12 tahun. Dalam sambutannya ibu Deputi memperlihatkan bolongnya lapisan Ozon di daerah kutub yang besarnya sudah ratusan ribu kilo meter persegi. “Oleh sebab itu penanganan ozon tidak bisa diberikan hanya oleh satu pihak semata, tetapi oleh seluruh umat manusia di dunia ini dan berusaha untuk tidak lagi menggunakan bahan-bahan perusak lapisan ozon. Tanpa peran masyarakat perubahan tidak dapat diharapkan”, tuturnya.

Dewan juri untuk lomba melukis di atas wadah tong sampah ini adalah dari Kementerian Lingkungan Hidup, BPLHD Propinsi DKI Jakarta, Dinas Kebersihan Propinsi DKI Jakarta, Tokoh Pendidikan dan Pakar di bidang seni lukis. Guna menjaga objektifitas penilaian, kegiatan ini tertutup bagi keluarga besar Kementerian Lingkungan Hidup.

Sebelum pengumuman pemenang, diadakan penyuluhan interaktif yang dipandu oleh mbak Aulia dari Yayasan Kelompok Peduli Anak Bangsa dan presenter Indra Bekti menjelaskan bahaya dari bahan-bahan perusak lapisan Ozon. Cara penyajian yang edukatif dan bermain sangat membantu proses penyuluhan lingkungan sampai ketelinga anak-anak. Seperti biasanya acara lomba lukis ini juga diwarnai dengan pembukaan stand pameran perpustakaan dan pemutaran film-film bertemakan lingkungan Hidup. Banyak guru-guru yang sangat tertarik dengan kehadiran
“Mobile Exhibition” KLH dan mengharapkan dapat menyampaikan informasi lingkungan hidup ke sekolah-sekolah.

Dan puncak acara lomba lukis tersebut adalah dengan diadakan pengumuman pemenang yang antara lain jatuh pada; Corry F.A. (juara I) dari SD Dharma Budi Bakti, umur 10 tahun. Selanjutnya juara kedua jatuh pada Atikah Hutami (Juara II) SD Al Iklas, Juara ketiga jatuh pada Mutia Syahlena (Juara III) SD Pondok Pinang 12 umur 8 tahun. Sedangkan Juara harapan I jatuh pada Surya siswa SD Hati Suci umur 10 tahun dan Gustaf Eza Weldy sebagai juara harapan II dari SD Rawa Jati 08 Pagi, umur 11.

Untuk Informasi Lebih Lanjut;
Ir. Gunardi
Asisten Deputi Urusan Atmosfir dan Perubahan Iklim
Kementerian Lingkungan Hidup
Tel. (021) 8517164
Email: ozonenet@cbn.net.id