KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Sungai Ciliwung merupakan sungai yang memiliki sejarah panjang perkembangan masyarakat di sekitarnya. Meskipun demikian, kondisi Ciliwung saat ini memprihatinkan dan kompleks akan masalah, seperti sampah, erosi, sedimentasi, dan lain-lain.

Terkait dengan hal tersebut, Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia menggagas River Adoption. Ini adalah sebuah program yang berkelanjutan dengan melibatkan banyak pihak untuk membuat Ciliwung bersih dan lebih baik, serta memberikan manfaat bagi masyarakat. Universitas Indonesia sebagai salah satu pihak yang menaungi Mapala UI memberikan dukungan atas program ini dengan mengadopsi salah satu wilayah yaitu Hulu Sungai Ciliwung. Lebih dari itu, Universitas Indonesia juga memasukkan program ini dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata pada Juni-Juli 2013.

Untuk menyebarluaskan semangat ini kepedulian terhadap sungai Ciliwung dan juga sebagai sarana launching program Adoption River, Mapala UI membuat kampanye Run FoRiver yaitu sebuah kampanye dengan berlari 10KM dan 21KM Run Foriver. Kegiatan ini akan dilakukan pada hari Minggu, tanggal 12 Mei 2013, pukul 05.30 s.d 10.00 WIB, di Kampus Universitas Indonesia, Depok. Siapapun bisa ikut serta dalam kegiatan ini mulai dari umum, mahasiswa, hingga pelajar.

Dengan mengikuti kegiatan ini, setiap pelari menyumbangkan satu bibit tanaman untuk ditanam dan dirawat (selama 3 tahun) oleh Mapala UI yang bertempat di Hulu Ciliwung, CIsarua. Penanaman pohon sendiri rencananya akan dilakukan pada bulan Juni 2013.

Salam,
Fariska Aryani (081287485529/2907b9f0)
Humas Mapala UI Half-Marathon