KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 23-26 Juni 2004 masyarakat adat se-Kalimantan Selatan mengadakan kongres di Banjarmasin. Kongres yang difasilitasi Aliansi Meratus dan DFID (Department of International Development) ini bertemakan “Melangkah Bersama Mewujudkan Kedaulatan Masyarakat Adat se-Kalsel”.

Dalam kesempatan dialog langsung antara masyarakat dengan Gubernur Kalsel, masyarakat adat menyampaikan berbagai masalah yang dihadapi, diantaranya adalah:
(1) belum terkodifikasikannya aturan-aturan atau hukum adat,
(2) kemampuan sumberdaya manusia masyarakat adat masih lemah,
(3) diskriminasi pemberian bantuan kepada masyarakat adat dan komunitas lainnya,
(4) perlunya peningkatan kualitas aparat pemerintah daerah, dan
(5) implementasi berbagai rencana dan program tidak pernah sesuai dengan realisasi.

Dalam sambutannya mewakili Menteri Negara Lingkungan Hidup, Ir. Arie D.D. Djoekardi, MA. (Deputi MENLH Bidang Pengembangan Peran Masyarakat) mengidentifikasikan tidak efektif dan efisiennya kegiatan berbagai pihak disebabkan karena belum adanya kesepakatan mengenai kriteria, batasan atau terminologi mengenai masyarakat adat di Indonesia.

Namun terlepas dari itu, tantangan ke depan yang dihadapi adalah peningkatan kesadaran “kemandirian” masyarakat, yang ditunjukkan dengan pemahaman bahwa kesejahteraan hidupnya bergantung dari kualitas lingkungannya. Kesadaran ini akan mendorong berkembangnya inisiatif lokal untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas lingkungan hidupnya, dapat menuntut haknya atas lingkungan hidup yang baik dan sehat, serta memiliki kapasitas yang memadai untuk berperan serta dalam pengambilan keputusan demi kepentingan umum di bidang lingkungan hidup.

Kongres yang dihadiri tidak kurang dari 750 utusan balai-balai komunitas masyarakat adat se-Kalimantan Selatan. Sebelum dibuka oleh Gubernur,
acara didahului ritual adat seperti pembakaran dupa, percikan air, pemotongan ayam hitam, penaburan beras kuning, panjat manau, dll.

Informasi ini disampaikan oleh :

Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan, Tradisional dan Adat
Kementerian Lingkungan Hidup
Gedung B Lt. 5
Jl. DI Panjaitan 24
Jakarta 13410
Telp./Fax. (021) 858-0087