KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Negara kita Indonesia merupakan daerah yang subur dan makmur ini tengah bersedih. Siapapun tahu, sekarang kita sedang dilanda berbagai kesulitan, terutama akibat krisis ekonomi yang terus berkepanjangan.

Hal tersebut berakibat semakin meningkatnya biaya hidup, termasuk untuk kebutuhan kesehatan dan kecantikan khususnya wanita. Misalnya anggaran untuk perawatan kecantikan. Padahal kalau kita mau mengolah dan memanfaatkan kekayaan alam sebagai alternatif untuk perawatan kecantikan, sudah pasti biaya tersebut bisa hilang, oleh karena itu mengapa kita tidak melakukannya.

Banyak tumbuh-tumbuhan di lingkungan kita yang bisa dimanfaatkan. Selain harganya sangat murah, tumbuhan tersebut dapat diperoleh dimana-mana, tinggal bagaimana cara kita mengolahnya agar dapat digunakan untuk merawat wajah atau bagian tubuh lainnya. Di bawah ini contoh tumbuhtumbuhan alami yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan tradisional bagi wanita modern yang tinggal didaerah tropis,seperti: perawatan kulit wajah dan kulit kepala (rambut).

Perawatan Kulit Wajah

Kulit adalah organ tubuh terluas yang paling teraniaya. Sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan pengetahuan cukup tentang esensi perawatan kulit, jika demikian Anda akan mengalami masalah pelik di kulit, mulai dari jerawat, kulit kusam dan kasar, pori-pori membesar, flek-flek hitam sampai kerutan halus (wrinkles).

Perawatan kulit jangan hanya terpaku pada masalah yang terjadi namun yang sebenarnya, perawatan kulit mengandung tiga tahap, pertama perawatan kulit itu sendiri, kedua perawatan kesehatan tubuh dengan menjaga nutrisi (gizi) yang seimbang dan perawatan stamina tubuh. Paling banyak terjadi pada wanita daerah tropis adalah merawat kulit wajah agar terhindar dari masalah jerawat yang dapat merusak kondisi kulit wajah, untuk itu dengan mengolah tumbuhan alami menjadi suatu ramuan pengobatan tradisional, memungkinkan masalah Anda dapat teratasi dengan biaya murah, misalnya untuk membantu Anda menjaga kehalusan kulit wajah dan menghilangkan jerawat, anda dapat menggunakan dan mengolah tumbuhan alami seperti:

Asam Jawa (Tamarindus indica L)

Pohon asam ini sering ditanam di tepi-tepi jalan di dataran rendah, kulit buahnya coklat, dan daging buahnya pada saat muda berwarna putih kehijauan dan sesudah tua menjadi coklat, daging buah yang sudah tua kadang-kadang diolah (ditanak) supaya tahan lama, karena warnanya menjadi kehitam-hitaman, maka disebut asam kawak.

Cara pengobatan:

2 helai daun samiloto, 10 iris temulawak, kencur 5 cm, satu sendok teh adas, 10 helai daun jintan. Semua bahan tersebut dicuci, dicampurkan dengan asam kawak sebesar telur puyuh. Beri 1+ gelas air, saring dan ampasnya diperas dengan kain. Minum 3 kali sehari. Untuk pengobatan luar: asam jawa diberi air bersih, diremas-remas, disaring dan airnya dipakai mencuci muka menjelang tidur malam.

Belimbing Wuluh (Averthoa bilimbi L)

Tumbuhan berbatang keras ini bisa mencapai ketinggian 10m. Buahnya berbentuk lonjong (sebesar ibu jari), berwarna hijau muda dan rasanya asam.

Cara Pengobatan:

3 buah belimbing wuluh diparut, diremas dengan sedikit garam, lalu ramuan tersebut digosok langsung ke jerawat.

Kembang Pukul Empat (Mirabilis jalapa L)

Tanaman hias yang tingginya 20-80cm ini berasal dari Amerika Selatan. Daunnya berbentuk jantung, berwarna hijau tua. Bunganya berbentuk terompet, mekar di sore hari dan kuncup kembali menjelang siang. Warnanya ada yang merah, putih, kuning dan sebagainya, buahnya bulat kecil, keras berwarna hitam tapi di dalamnya berwarna putih sehingga bisa dibuat bedak.

Cara Pengobatan:

Biji kembang pukul empat diambil isinya yang berupa tepung bedak, beri sedikit air, oleskan langsung pada jerawat. Selain ketiga tumbuhan alami tersebut ada pula, kencur (Kaemferia galanga L), kunyit (Curcuma domestica val), melati (Jasminum sambacait), pepaya (Carica papaya L), lidah buaya (Aloe vera L), sirih (Piper betle L), tomat (Solanum lycopersicum) dan wortel (Daucus carota L).

Perawatan Kulit Kepala (Rambut)

Kulit manusia selalu mengalami sirkulasi, sel-sel kulit mati diganti dengan yang baru. Masalah rambut banyak dikeluhkan seperti ketombe dan rambut rontok merupakan bentuk pelepasan sel kulit mati yang berlebihan dikepala. Suatu proses yang sebenarnya wajar dan normal, namun bagi yang bermasalah akan mengalami gangguan pada proses tersebut.

Secara garis besar ada dua faktor penyebab ketombe, pertama faktor internal, seperti ketidakseimbangan hormon, keringat berlebihan, kurang bersih, alergi, kurang istirahat, stress, gelisah, dan cemas. Kedua, faktor eksternal, biasanya disebabkan karena penggunaan hair spray, gel rambut, keriting dan cat rambut yang berlebihan.Tumbuhan alami yang dapat membantu anda mengatasi masalah tersebut, adalah:

Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia swngle)

Tumbuhan perdu yang mempunyai banyak dahan dan ranting, batangnya berkayu keras dan biasanya berbuah setelah 2,5 tahun. Buahnya berbentuk bulat sebesar bola tenis meja berwarna hijau kekuning-kuningan, dan dapat mengobati ketombe dan rambut rontok.

Cara pengobatan untuk rambut rontok:

2 jeruk nipis dicuci lalu diiris menjadi 3 atau 4 bagian. Oleskan airnya pada kulit kepala hingga merata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman. Keramas keesokan harinya. Lakukan 3 x seminggu, untuk ketombe: oleskan air perasan jeruk nipis 1-2 buah ke seluruh kepala, biarkan selama 20-30 menit, lalu keramas. Setelah 3 x melakukan ini (setiap kali akan cuci rambut) biasanya ketombe akan hilang.

Mengkudu (Morinda citrifolia L)

Tanaman liar khas Indonesia yang sekarang dibudidayakan untuk bahan obat penjaga stamina ini tingginya bisa mencapai 3-8m. Daunnya tebal dan lebar, letaknya berhadapan. Bunganya kecil berwarna putih dan buahnya hijau bertutul-tutul, kalau sudah tua menjadi kuning dan berbau.

Cara pengobatan untuk rambut berketombe:

2 atau 3 buah mengkudu matang dilumatkan dan diberi sedikit air, lalu diperas airnya dipakai untuk keramas. Biarkan selama kira-kira 5 menit, bilas dengan air bersih. Boleh memakai shampoo untuk menghilangkan baunya.