KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">

Sejak tahun 2005 , KLH bekerjasama dengan UNEP untuk mengembangkan konsep Rumah Ramah Lingkungan atau Eco-house pada kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca tsunami di Aceh. Konsep ini direncanakan akan diwujudkan dalam bentuk rumah contoh di Desa Labuy pada akhir bulan Maret. Sosialisasi awal di lingkungan KLH telah dilakukan pada tanggal 16 Maret 2006 di Ruang Kalpataru, KLH.

Pengembangan Eco-house yang saat ini dikoordinir oleh Asdep Urusan Perencanaan Lingkungan didasarkan pada prinsip-prinsip ramah lingkungan seperti :

 

Meminimalkan penggunaan energi melalui banyaknya bukaan dan lubang-lubang ventilasi yang diharapkan akan menekan kebutuhan penggunaan listrik untuk penerangan atau sirkulasi udara. Pola pembagian ruang yang terbuka ini juga untuk meningkatkan kualitas kesehatan rumah

 

 

 

Penggunaan bahan alami lokal namun tidak membebani sumber daya alam setempat dan bahkan dapat mempromosikan perekonomian setempat. Contohnya adalah kombinasi kayu (misalnya kayu kelapa) dengan batu serta penggunaan bata merah yang merupakan hasil industri setempat.

 

 

Memiliki cukup ruang dan sarana dasar untuk mengembangkan pola pengolahan sampah sendiri (pengkomposan) maupun penambahan fasilitas pengolahan air kotor atau daur ulang air pada saatnya. Tersedia pula cukup ruang untuk mengembangkan taman dan apotik hidup yang diharapkan turut memperbaiki kualitas udara rumah.

Diharapkan pengembangan rumah-rumah ramah lingkungan ini akan dilanjutkan menjadi pengembangan Desa Ramah Lingkungan atau Eco-village yang semata-mata ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan bagi masyarakat Desa Labuy.

Ada tiga (3) buah desain rumah contoh yang saat ini sedang dikerjakan oleh pihak konsultan. Ketiga desain ini akan disosialisasikan kepada masyarakat Labuy dengan harapan terpenuhinya aspirasi setempat, sekaligus juga diterimanya konsep rumah ramah lingkungan sebagai suatu bentuk kehidupan sehari-hari yang mudah, menyehatkan, menguntungkan sekaligus nyaman untuk diterapkan. (red: 3 disain dapat dilihat pada lapiran dibawah artikel ini dalam bentuk pdf)

Keterangan lebih lanjut :

Asdep Urusan Perencanaan Lingkungan (Asdep 2/I)
Gd. A Lantai 4
Telp. /Fax. : 021-85906676