KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Sosialisasi Program Adiwiyata “Langkah Strategis Pendidikan Lingkungan Di Jayapura”
Jayapura, 28 Maret 2012. Sosialisasi Program Adiwiyata.Kegiatan ini kerjasama Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, KLH dengan BLH Kota Jayapura dan Dinas Pendidikan Kota Jayapura. Sosialisasi program Adiwiyata diadakan tanggal 28 Maret 2012. Dihadiri oleh 150 peserta  yang terdiri dari BLH Kota Jayapura, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah serta para guru (SD, SMP, SMA dan SMK).

Program Adiwiyata yang telah dicanangkan pada tanggal 21 Februari 2006 bertujuan mendorong dan membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang. Program Adiwiyata sebagai langkah mendukung sekolah mewujudkan upaya peduli dan berbudaya lingkungan.

Dalam sambutan Wakil Wali Kota Jayapura, DR. H. Nuralam, SE, M.Si mengatakan “Peranan sumber daya manusia atau pendidikan merupakan kunci penting untuk mempertahankan kelestarian lingkungan . Untuk membentuk kualitas SDM seperti yang kita harapkan dapat dilakukan melalui upaya pendidikan berwawasan lingkungan. Sekolah berwawasan lingkungan adalah salah satu visi Walikota Jayapura. Program Adiwiyata ini merupakan langkah yang sangat srategis dalam memberikan pendidikan lingkungan, sejati kepada anak-anak kita mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA atau SMK”.

Narasumber dalam kegiatan sosialisasi adalah H. Chaeruddin Hasyim, SKM, M.Si (Asdep Penguatan Inisiatif Masyarakat, KLH) dengan materi “Kebijakan Adiwiyata”, Susi H. Sadikin, SE., M.Sc (Kabid Komunitas Pendidikan Lingkungan) dengan Materi “Kiat Menuju Adiwiyata” Dan Drs. Parus, M.Si (Kasubid Evaluasi, KLH) dengan materi “Standar Evaluasi Pencapaian Adiwiyata”  dilanjutkan dengan Diskusi dan tanya jawab. Dalam sosialisasi tersebut peserta diberikan buku panduan program adiwiyata.

Dalam kesempatan kunjungan lapangan ke Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Jayapura Papua dilakukan penanaman pohon trembesi oleh Asisten Deputi Penguatan Inisiatif Masyarakat H. Chaeruddin Hasyim. Ditegaskan pula bahwa Program Adiwiyata dapat berhasil dengan adanya keinginan dari pihak sekolah dalam perubahan mainset kepala sekolah. Dalam kesempatan tersebut dikatakan bahwa berbudaya lingkungan juga menyangkut perilaku ekonomi, sosial.

Pelaksanaan sosialisasi Program Adiwiyata. diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada peserta pada pukul 16.30 waktu setempat.

Sumber :
Asisten Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Urusan Penguatan Inisiatif Masyarakat.