KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Gunung Sindur, 26 Oktober 2008. Dalam rangkaian kegiatan hari ulang tahun Departemen Hukum dan Hak  Asasi Manusia  (Dharma Karyadika) ke 63,  Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Andi Mattalatta, melakukan Pencanangan Penghijauan Tanaman Buah  10.000  pohon  untuk ditanam di Kompleks Perumahan Departemen Hukum dan HAM di Gunung Sindur Bogor.

Penandatanganan prasasti dilakukan bersamaan dengan pemberian bantuan kepada anak berprestasi dan tidak mampu, pensiunan sakit permanen, dan Panti Asuhan setelah dilakukan gerak jalan santai keluarga yang diikuti oleh keluarga besar Departemen Hukum dan HAM. Andi Mattalatta dan beberapa pejabat eselon I juga ikut serta dalam rombongan gerak jalan tersebut, dengan menempuh rute sekitar kantor Dep. Hukum dan HAM  Jalan Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan. Sebelum penandatanganan prasasati Andi Mattalatta  menyerahkan secara simbolis tanaman Delima Merah (Punica granatum) yang sementara berbunga kepada Ketua Rukun Warga 13 Kompleks Depkumham  Syahril.

Perumahan Departemen Hukum dan HAM berlokasi di Desa Cibinong, Kecamatan Gunung Sindur, memiliki luas lahan 30 Ha.  Kawasan  tahap pertama yang sudah terbangun seluas 10 ha dengan jumlah rumah sebanyak 439 rumah dengan 4  tipe yaitu tipe 240, 120, 50 , 36. Kawasan ini menjadi sasaran penghijauan didasari pertimbangan karena daerah tersebut menjadi resapan hujan untuk mengurangi banjir  di  Jakarta   akibat kiriman  air permukaan dari wilayah Bogor.

Selain itu, wilayah ini juga gersang karena tanah lapisan atas (top soil) sekitar 5 meter telah diambil untuk bahan timbunan sehingga memang perlu untuk dilakukan penghijauan. Adapun pertimbangan jenis tanaman buah karena manfaat yang didapatkan selain keteduhan juga hasil berupa buah-buahan  yang dapat dinikmati. (Hasbullah)

Sumber:
http://www.depkumham.go.id/xDepkumhamWeb/xBerita/xUmum/penghijauan+gunung+sindur.htm