KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 30 Januari 2010, Menteri Lingkungan Hidup bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Menteri Kelautan dan Perikanan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sidoarjo. Kunjungan kerja tersebut terkait dengan upaya mitigasi dan rehabilitasi penanggulangan semburan lumpur sidoarjo. Kunjungan ketiga menteri ke Kabupaten Sidaorjo itu didampingi beberapa anggota Komisi V DPR RI,  Gubernur Jatim, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, Wakil Bupati Sidoarjo, Ketua Badan Penanggulangan Lumpur Sidaorjo (BPLS) dan beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa timur.

Salah satu upaya mitigasi dan rehabilitasi yang dilakukan oleh Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Kelautan dan Perikanan dan Menteri Pekerjaan Umum adalah menggalakkan penanaman pohon mangrove di pulau buatan di pesisir pantai Porong yang merupakan hasil reklamasi dari lumpur Sidoarjo. Saat ini lahan yang telah direklamasi seluas 65 Ha dan akan bertambah lagi, sedangkan bibit pohon mangrove yang sudah ditanam sekitar 45 ribu bibit pohon dari satu juta bibit yang direncanakan.

Untuk masalah infrastruktur jalan arteri, Menteri Pekerjaan Umum meresmikan pemancangan tiang Ground Breaking Fly Over Ketapang yang dipancangkan di Desa Ketapang dan rencana pembangunan jalan raya arteri Porong akan dibangun sepanjang 2 X 7,1 Kilometer. Pembangunan jalan arteri  untuk mengatasi kemacetan lalu lintas yang menghubungkan kota Surabaya-Sidoarjo dengan kota-kota lain seperti Malang dan Pasuruan dikarenakan jalan tol Porong yang menghubungkan kedua kota tersebut terputus akibat semburan lumpur. Pembangunan diperkirakan selesai akhir tahun 2010.

Sumber:
Asisten Deputi Urusan Pengendalian Pencemaran Sumber Pertambangan, Energi dan Migas