Sosialisai dan Bimbingan Teknis Adiwiyata

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Adiwiyata untuk Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan Makassar, 11-12 April 2012. Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Lingkungan Hidup  dan Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis bagi kota/kabupaten se propinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan dibuka oleh Ir. Agus Arifin Nu’mang, MS, Wagub Provinsi Sulawesi [...]

18 Apr 2012 09:05 WIB

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Adiwiyata untuk Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan
Makassar, 11-12 April 2012
. Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Lingkungan Hidup  dan Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis bagi kota/kabupaten se propinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan dibuka oleh Ir. Agus Arifin Nu’mang, MS, Wagub Provinsi Sulawesi Selatan,  yang menekankan bahwa ”sekolah adalah salah satu media untuk mendapatkan pendidikan lingkungan hidup yang mampu memberikan pengaruh positif terhadap perubahan kesadaran dan perilaku masyarakat dalam melakukan tindakan yang menguntungkan atau berpihak pada lingkungan hidup dan masyarakat luas dan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai wawasan lingkungan hidup kepada peserta didik dan masyarakat”. Untuk itu diharapkan program Adiwiyata mampu mendorong dan membentuk sekolah-sekolah di Sulawesi Selatan agar dapat turut melaksanakan upaya-upaya pemerintah menuju pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

Sedangkan Ir. Ilyas Asaad, MP, MH, Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, KLH. menyampaikan pidato kunci (keynote speech). Kegiatan ini dihadiri oleh BLHD kota/kabupaten dan Dinas Pendidikan kota/kabupaten dari 21 Kabupaten dan 3 Kota se Sulawesi Selatan.

Program Adiwiyata yang dilaksanakan sejak tahun 2006 yang lalu, sampai dengan tahun 2011 telah diikuti oleh 1351 sekolah, di mana sekitar 250 sekolah telah memenuhi kriteria sekolah Adiwiyata dan 56 sekolah yang mencapai kriteria Adiwiyata Mandiri. Saat ini ada 2 sekolah Adiwiyata di propinsi Sulawesi Selatan yaitu SMPN 1 Pangkajene dan  SD Islam Athirah, Makassar.

Pada tahun 2012, pemerintah Sulawesi Selatan telah menetapkan 8  (delapan) sekolah unggulan Adiwiyata , yaitu sebagai berikut :

  1. SD Inpres Maccini Baru (Calon Sekolah Adiwiyata 2011),
  2. SD Pertiwi Makassar (Calon Sekolah Adiwiyata 2011),
  3. SDN Tanggul Patompo 1 (Calon Sekolah Adiwiyata 2011),
  4. SDN Tanggul Patompo 2, (Calon Sekolah Adiwiyata 2011),
  5. SMPN 8 Makassar,
  6. SMPN 2 Maros (Calon Sekolah Sekolah Adiwiyata 2011),
  7. SMPN 1 Pangkajene Pangkep (Sekolah Adiwiyata 2011),
  8. SMKN 8 Makassar.

Serta 2 (dua) sekolah Calon Adiwiyata Mandiri, yaitu :

  1. SMAN 1 Pangkajene ( Sekolah Adiwiyata Tahun 2011)
  2. SDI Athirah  Makassar (Sekolah Adiwiyata ke II Tahun 2011)

Pemateri pada acara Sosialisasi dan Bimtek Adiwiyata tersebut adalah Chairuddin Hasyim, SKM, M.Si, Asdep Penguatan Inisiatif Masyarakat, KLH, Dr. Ir. H. Laode Hasrul, MS, Kapus Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup, UNHAS, Drs. Muhammad Natsir, M.Pd, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dra. Sumiati Kepala Sekolah SMPN 1 Pangkep, Susy R. Sadikin, SE, M.Sc Kabid Komunitas Pendidikan Lingkungan KLH serta Drs. Parus, M.Si, Kasubid Evaluasi

Keterangan lebih lanjut :
Asisten Deputi Urusan Penguatan Inisiatif Masyarakat
Kementerian Lingkungan Hidup

T/F          : 021 8580087

Email     :susyrs@yahoo.com

Kerjasama

  • Luar Negeri
  • Dalam Negeri
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor