KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kementerian Lingkungan Hidup Menyelenggarakan Lomba Emisi Kendaraan Dinas/Operasional Kantor 2003

Kementerian Lingkungan Hidup Melalui Asisten Deputi Bidang Urusan Emisi Kendaraan Deputi V mengadakan Lomba Emisi Kendaraan Dinas/Operasional Kantor 2003. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai dampak pencemaran udara terhadap kesehatan, menciptakan rasa tanggung jawab, menjadi pelopor pelaksanaan dan menyebarluaskan manfaat pemeliharaan dan perawatan kendaraan yang berguna bagi pengendalian pencemaran udara dari emisi gas buang kendaraan bermotor melalui uji Emisi gas.

Pembukaan secara resmi lomba emisi kendaraan Dinas/operasional kantor 2003, yang diikuti oleh 39 instansi dilakukan di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan dibuka langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup Nabiel Makarim. Dalam sambutannya mengingatkan bahaya dari emisi timah hitam bagi kendaraan bermotor.

Untuk itu kementerian Lingkungan hidup berupaya untuk menguranginya secara bertahap, dimulai dari Jakarta, Cirebon, Bali dan Batam dan pada akhirnya pada tahun 2005 tidak ada lagi kendaraan yang memproduksi Timah hitam.

Dalam siaran pers Kementerian Lingkungan Hidup menjelaskan bahwa Pengumuman pemenang dan penyerahan penghargaan akan di lakukan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup pada rangkaian acara Pekan Hari Lingkungan Hidup di Jakarta Convention Center tanggal 19 – 22 Juni 2003.

Lomba emisi kendaraan ini diadakan mengingat sudah semakin parahnya polusi udara yang terjadi di beberapa kota besar di Indonesia. Pemeriksaan emisi dilakukan untuk pemenuhan terhadap nilai ambang batas emisi gas buang, sedangkan kendaraan bermotor dilakukan untuk mengendalikan emisi kendaraan tersebut.

Pencemaran udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor antara lain CO (Karbon Monoksida), HC (hidro karbon), NoX (nitrogen oksida), Pb (timah hitam), SO2 (sulphur dioksida) dan lain-lain yang kesemuannya itu bukan hanya berbahaya bagi kesehatan masyarakat tapi juga mengancam lingkungan baik secara lokal maupun global.

Hal ini diperkuat oleh data yang diperoleh dari hasil penelitian JICA dan BAPEDAL (1995-1997) di wilayah Jabotabek bahwa sektor transportasi memberikan kontribusi pencemaran udara yang besar (+/- 70%) dibandingkan dengan industri dan rumah tangga.

Lomba Emisi ini dilaksanakan mulai April sampai dengan Juni 2001. Penilaian lomba emisi didasarkan pada kendaraan operasional kantor yang mencapai emisi gabungan terendah dari kendaraan-kendaraan yang diikutsertakan oleh para peserta. Pengujian emisi akan dilakukan di Mobil Uji yang akan berada di tempat parkir kantor masing-masing atau di tempat lain di sekitarnya (tergantung situasi dan kondisi setempat). Kendaraan peserta diharuskan mendatangi mobil uji tersebut pada waktu ditentukan. Pengujian emisi setiap kendaraan akan dilakukan satu kali.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Lomba Emisi Kendaraan Dinas/Operasional Kantor 2003, silahkan menghubungi:

Ridwan D. Tamin atau Agus Saefudin

Asisten Deputi Urusan Emisi Kendaraan

Kementerian Lingkungan Hidup

T/F: (021) 85911207

Kementerian Lingkungan Hidup Membuka pintu seluas-luasnya bagi masyarakat yang memiliki saran dan masukan dalam rangka kontrol masyarakat terhadap kinerja pemerintah khususnya Kementerian Lingkungan Hidup yang dapat disalurkan melalui email adu@menlh.go.id atau melalui PO. BOX 7777 Jakarta Timur.