KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 18 April 2013. Menteri Lingkungan Hidup Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA membuka acara Indonesia Climate Change yang ke tiga. Tema sentral kegiatan ini adalah forum edukasi dan Pameran (expo) yang dilaksanakan di Assembly Hall Jakarta Convention Center. Dalam kata sambutannya Menteri KLH mengapresiasi kegiatan edukasi dan pameran yang ditujukan kepada pelajar dan mahasiswa tersebut. Sudah banyak capaian yang dihasilkan baik yang dilakukan oleh masyarakat seperti kegiatan nyepi di bali, kampanye mematikan lampu, penggunaan media trasportasi massal, Car Free day, penanaman pohon dan banyak lainnya.  Kegiatan Adaptasi dan Mitigasi seperti kampanye mengenai kampung iklim, KLH juga melakukan kerja sama dan perundingan-perundingan Internasional yang selama ini Telah dilakukan.

Oleh sebab itu Menteri KLH menyambut baik kegiatan Indonesia Climate Change dan mengingatkan juga pada tahun yang sama akan dilaksanakan kegiatan Expo/pameran lingkungan dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup 2013 pada tanggal 30 Mei hingga 2 Juni. Tema tahun ini adalah “Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan”, yang selaras dengan tema yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup Dunia, United Nations Environment Programme (UNEP), yaitu “Think.Eat.Save”. Peringatan Lingkungan Hidup diperingati tiap tanggal 5 juni di seluruh dunia.

Dalam kata sambutan Ketua Harian Dewan Nasional Perubahan lklim (DNPI), Rachmat Witoelar, Yang juga merupakan Utusan Khusus Presiden Untuk Pengendalian Perubahan Iklim mengatakan pameran dan forum perubahan ilklim ke 3 di  Jakarta Convention Center sebagai salah satu acara dalam rangkaian perayaan 5 Tahun DNPI. “Perubahan iklim adalah masalah yang diakibatkan aktifitas manusia, dan karena itu seluruh umat manusia wajib bekerja sama untuk mencari solusinya” ujar Rachmat. Acara ini membuka kesempatan bagi dunia pendidikan untuk dapat memperkaya diri dengan pustaka perubahan iklim agar tercipta peningkatan pemahaman perubahan iklim mulai dari usia dini.

Pameran dan forum ini berlangsung pada tanggal 18-21 April 2013 dan menargetkan lebih dari 50.000 pengunjung dari berbagai sektor dan disiplin ilmu, diantaranya sektor pernerintahan, swasta, dunia pendidikan, lembaga dunia, lembaga donor, media, dan komunitas.  Amanda Katili Niode, selaku Koordinator Divisi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi DNPI, menyampaikan bahwa antusiasme pengunjung diperkirakan akan meningkat pada penyelenggaraan tahun ketiga ini. Hal ini mengingat banyaknya tanggapan dari masyarakat yang melayangkan inisiatif keterlibatan maupun informasi kegiatan melalui Sekretariat DNPI, khususnya untuk lomba Debat Perubahan Iklim dan Temu Wicara Komunikasi Perubahan lklim, tambah Amanda.

Keterlibatan dunia pendidikan menjadi sorotan utama. “Selama 4 hari dan seperti di tahun-tahun sebelumnya, sebanyak 5000 pelajar akan difasilitasi pendidikan perubahan iklim yang memadai” ujar Amanda. Upaya untuk memajukan pendidikan perubahan iklim juga digalang melalui aksi sukarela dari Climate Leaders yang telah dilatih oleh Al Gore, mantan Wakil Presiden Amerika, dalam mengomunikasikan pesan perubahan iklim. Mereka secara sukarela melakukan pendampingan teknis kepada 5000 pelajar seiama acara berlangsung.

Melalui pameran ini juga diharapkan guru, pengajar, dan seluruh penggiat pendidikan di Indonesia terdorong dan terasah untuk menjadi sumber pustaka pendidikan perubahan iklim bagi anak didik, sebuah generasi yang menentukan masa depan bangsa dalam menyikapi aksi penyelamatan bumi.

Gambar dalam Berita:

  1. Pemukulan Gong Pembukaan Indonesia Climate Change 3
  2. Pohon Inspirasi di Stand KLH
  3. Kegiatan Melukis Tas di Stand KLH
  4. Kampanye Media di Stand KLH
  5. Melukis di bawah back drop MenLH
  6. Acara Mendongeng dalam acara Climate Change
  7. Stand KLH mendapat Peringkat kedua dibawah stand PU yang mendapat peringkat pertama
  8. Piala Penghargaan stand

 

Informasi selonjutnya silahkan menghubungi:

Koordinator Divisi Komunikosi, Informosi, don Edukasi DNPI
Amanda Katili Niode
amanda.katili@dnpi.go.id