KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Balikpapan, 4 Juli 2005—-Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar meresmikan Kantor Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Regional Kalimantan di Balikpapan. Kantor tersebut adalah merupakan representasi atau dapat dikatakan ‘mini KLH’ dari Kantor Kementerian Lingkungan Hidup. Kantor PPLH Regional Kalimantan berlokasi di Jl. Sudirman No.19A Balikpapan.

Kalimantan memiliki sumber daya alam yang sangat besar tapi sekaligus memiliki kerentanan. Untuk itu diperlukan kehati–hatian dalam pengelolaannya. Banyak permasalahan lingkungan hidup di Kalimantan yang harus mendapat perhatian yang serius, diantaranya adalah permasalahan kebakaran hutan dan lahan yang hampir selalu terjadi setiap tahun, disamping persoalan illegal logging, pencemaran sungai yang berdampak terhadap kerusakan lingkungan secara keseluruhan. Pembukaan lahan untuk kegiatan pembangunan apapun, termasuk pembangunan perkebunan dan hutan tanaman industri (HTI), namun harus diimbangi dengan pengelolaan lingkungan dengan baik. Aturan – aturan yang ada seperti halnya dengan masalah tata ruang dan peruntukan harus diterapkan dengan seksama dan konsisten sehingga semua pihak dapat merasakan manfaatnya termasuk masyarakat.

Kantor PPLH Regional Kalimantan diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan Kapasitas dan Koordinasi Kelembagaan Daerah dalam penanganan permasalahan-permasalahan lingkungan yang dihadapi di Pulau Kalimantan, yang fungsinya antara lain menerima pengaduan pencemaran lingkungan, menampung laporan masyarakat mengenai AMDAL, atau persoalan lingkungan lainnya. Isu kental yang sedang menonjol dan merupakan tantangan dari Kantor PPLH Regional Kalimantan adalah hal-hal yang berkaitan dengan masalah konservasi, kawasan perbatasan dan pertumbuhan beberapa wilayah sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang berwawasan lingkungan.

Informasi lebih lanjut:
Asdep Edukasi dan Komunikasi