KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

cimajukuning.jpgMenuju CIMAJAKUNING yang ramah lingkungan menjadi salah satu benang merah dalam Pertemuan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan di STAIN-Cirebon pada tanggal 7 September 2006. Pertemuan ini dimaksudkan untuk membangun kerjasama antar wilayah dalam satu kawasan yang terdiri dari Cirebon, Majalengka dan Kuningan.

Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Cirebon yang merupakan Kantor Pembantu Gubernur Jawa Barat dengan wilayah ex karesidenan Cirebon yang yang terdiri dari kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Indramayu.

Kepala Bakorwil membuka acara ini dilanjutkan oleh Sudariyono, Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat yang menyampaikan keynote speech tentang perlunya perngelolaan lingkungan berbasis komunitas masyarakat. Komunitas yang mendukung acara ini terdiri dari masyarakat permukiman di Kota Cirebon dan masyarakat Pasar di Kota dan Kabupaten Cirebon serta Kabupaten Kuningan dan Majalengka. Hal ini diperlukan karena arus barang dan jasa serta juga dampak lingkungan yang ditimbulkan bersifat lintas daerah dari satu pasar ke pasar lain atau dari produsen pertanian ke pasar-pasar diwilayah tersebut. Selama ini belum banyak kegiatan yang menyentuh kegiatan pemberdayaan kepada komunitas pasar sehingga hal ini cukup mendapat sambutan yang antusias dari para pengelola pasar dan pedagang yang menjadi peserta kegiatan ini.

Selama ini, pengelolaan lingkungan pasar masih terjadi tumpah tindih dan terjadi ketidakjelasan wewenang antar lembaga di kabupaten/kota sehingga meyulitkan usaha-usaha perbaikan termasuk juga pengelolaan sampah pasar. Dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai pengelolaan lingkungan diharapkan komunitas permukiman dan pasar ini dapat mempunyai kesadaran yang lebih tinggi mengenai usaha perbaikan kualitas lingkungan yang harus segera dilakukan.

Pemahaman dan pengetahuan daur ulang dan komposting akan menjadi salah satu model kegiatan dengan mengembangkan contoh-contoh sukses pada komunitas permukiman dan juga komunitas pasar. Bahkan dalam proses fasililtasi lokakarya ini komunitas pasar menyutujui secara bulat perlunya ada semacam ikatan atau forum komunikasi pedagang yang lebih luas se-CIMAJAKUNING. Hal ini akan memperbaiki posisi tawar mereka kepada pemerintah daerah untuk mendapatkan pelayanan publik di bidang lingkungan yang lebih baik.

Informasi:

Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
(Asdep 3/VI)
021-85911211,
praszt@menlh.go.id