KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Program MIH dicanangkan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup se- Dunia, 12 Juni 2006. Program baru ini merupakan program berkelanjutan seperti Adipura, Kalpataru dan Proper. Program ini dicanangkan untuk merespons laju kerusakan  lingkungan yang semakin parah. Saat ini, sekitar 43 juta hektar hutan telah menjadi lahan kritis dan laju kerusakan hutan di Indonesia minimal dua juta hektar per tahun.

Melalui MIH ini, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) mengajak setiap kabupaten memperbaiki dan menjaga lingkungan tetap hijau. Keberhasilan pemerintah kabupaten menghijaukan daerahnya akan dinilai KLH untuk memberikan penghargaan. KLH menyosialisasikan program MIH ini kepada pemerintah kabupaten se- Pulau Jawa di Yogyakarta, Senin (31/7/2006).

Melalui program MIH Pemerintah Daerah didorong untuk meningkatkan konservasi lingkungan dan mengendalikan kerusakan lingkungan melalui sistem insentif dan disinsentif. Program MIH ini juga membuka peran serta masyarakat dalam pelestarian lingkungan.

Pemerintah Kabupaten selama ini kurang memperoleh peran berimbang dalam usaha pelestarian lingkungan hidup. Karena itu, Kementerian Lingkungan Hidup membuat program Menuju Indonesia Hijau atau MIH. Program ini untuk mengaktifkan peran pemerintah kabupaten dalam upaya pelestarian lingkungan secara terpadu.

Program MIH ini merupakan program pengawasan dan evaluasi bagi pemerintah kabupaten dalam memperbaiki kualitas lingkungan. Salah satu upaya itu adalah menyediakan penambahan tutupan lahan setiap tahun.

Hutan mangrove di kawasan pesisir, lanjutnya, kerusakannya mencapai 5,3 juta hektar. Luasan ini setara dengan 60 persen luas hutan mangrove di Indonesia. Kerusakan hutan tersebut meningkatkan jumlah daerah aliran sungai (DAS) yang rusak, dari 22 DAS kritis pada tahun 1992 menjadi 62 DAS kritis pada tahun 2005. Semakin bertambahnya DAS kritis tersebut akan meningkatkan risiko timbulnya bencana lingkungan MIH.

Hasil Penilaian Program MIH-2006 PDF file :

Sumber:

DEPUTI III : DEPUTI MENLH BIDANG PENINGKATAN KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM DAN PENGENDALIAN KERUSAKAN LINGKUNGAN

Kantor:
Gedung A.
Jl. D.I. Panjaitan, Kebon Nanas, Jakarta 13410
Telp/fax: 85904923, 8517148 ext.240
e-mail : deputi3@menlh.go.id