KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 10 November 2013. Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA menyerahkan trophy penghargaan kepada pahlawan lingkungan yang dipilih dan dicalonkan oleh pemirsa MNC TV. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November, dimana program ini menghadirkan pribadi-pribadi berdedikasi tinggi yang tanpa pamrih melaksanakan berbagai kegiatan yang berdampak poisitif dan luas bagi diri sendiri dan juga lingkungan di sekitarnya. Program ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat agar menjadi manusia yang mau maju berkembang, peduli dan tenggang rasa terhadap sesama.

Melalui riset, liputan dan verifikasi Tim MNC TV maka diseleksi para calon pahlawan untuk kemudian dipilih oleh Dewan Juri sebanyak 10 orang yang menjadi sosok “MNC TV Pahlawan untuk Indonesia”. Bertindak sebagai Dewan Juri antara lain, Ahmad Syafi’i Ma’arif (Cendikiawan), Imam B. Prasodjo (Sosiolog), serta Hary Tanoesoedibjo (CEO MNC Group).

“Kementerian Lingkungan Hidup mengapresiasi semua inisiatif dari individu maupun lembaga masyarakat yang melakukan pembelaan terhadap lingkungan. Semangat Hari Pahlawan saat ini dapat ditandai dengan perjuangan kita untuk menekan laju kecepatan kerusakan dan pencemaran lingkungan agar tidak lebih cepat dari laju konservasi dan pemulihan lingkungan. Kenyataan ini memaksa kita untuk bersama-sama bahu membahu melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan”, jelas Menteri Lingkungan Hidup.

Lebih lanjut disampaikan bahwa persoalan lingkungan tidak dapat dilihat sebagai sesuatu hal yang berdiri sendiri, namun sangat terkait oleh perilaku manusia terutama dalam memenuhi kebutuhannya. Perubahan perilaku melalui gaya hidup tentu saja merubah pola ekstraksi sumber daya alam dan energi yang ada. Manusia didorong untuk tidak menggunakan sumberdaya alam secara tidak berkelanjutan.

Untuk itu , Menteri Lingkungan Hidup mengapresiasi pahlawan lingkungan pilihan pemirsa MNC TV yaitu Rob Sinke (56 tahun) dari Desa Sawai Itepo, Halmahera Tengah. Desa Sawai Itepo menjadi saksi bagaimana Rob menjadikan Indonesia sebagai bagian dari hidupnya. Alam itu untuk dilestarikan bukan dieksploitasi secara sembarangan, inilah prinsip Rob Sinke. Kecintaan Rob diwujudkannya dengan melestarikan lingkungan darat dan laut di Halmahera untuk ekowisata, melibatkan masyarakat setempat, dan mengembalikan keuntungan guna membangun desa. Rob membeli 400 hektar hutan agar tidak dirambah. Ia juga melakukan reboisasi dan membantu masyarakat agar hidup lebih sehat dan memperhatikan kelestarian lingkungan serta mendorong penggunaan panel tenaga surya sebagai sumber tenaga.

Informasi lebih lanjut:

Ir. Hermien Roosita, MM,
|Sekretaris Kementerian Lingkungan Hidup,
Tlp/Fax: (021) 8580104,
email: humaslh@gmail.com
/ www.menlh.go.id