KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pontianak, 14 Mei 2014. Pusat Pengelolaan Ekoregion (PPE) Kalimantan – Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk yang keempat kalinya menyelenggarakan Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Ekoregion Kalimantan 2014, yang berlangsung 11 – 14 Mei 2014 di Pontianak, Kalimantan Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, khususnya generasi muda, dalam upaya melindungi dan mengelola lingkungan hidup sesuai dengan tantangan yang sedang dihadapi saat ini dan masa mendatang.

Generasi muda berperan sangat strategis sebagai agen perubahan dalam mewujudkan pembangunan ramah lingkungan. Semangat dan cita-cita generasi muda diharapkan mampu mempelopori berbagai inisiasi dan kegiatan baru yang berdampak baik bagi lingkungan. Mengambil tema “Generasi Muda Peduli Air dan Energi”, para Duta Lingkungan diharapkan menjadi cerminan generasi muda yang peduli pelestarian air dan efisiensi energi khususnya di Pulau Kalimantan.

Finalis Duta Lingkungan Hidup Kalimantan terdiri dari 4 (empat) orang perwakilan dari masing-masing provinsi, yang telah melalui seleksi dari tingkat kabupaten/kota dan provinsi. Penilaiannya meliputi berbagai aspek seperti penampilan (performance) dan pengetahuan akan lingkungan hidup. Peserta akan dibekali materi terkait isu lingkungan, antara lain masalah pencemaran air dan kebakaran hutan di Kalimantan, pengelolaan sampah berbasis komunitas, strategi komunikasi lingkungan, peran pendidikan lingkungan serta pengembangan diri. Peserta akan melakukan kunjungan langsung ke sekolah Adiwiyata, budidaya dan agrobisnis aloevera, Tempat Pembuangan Akhir (TPA Sampah) dan Rumah Pelangi.

Kegiatan puncak Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Ekoregion Kalimantan 2014 dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup. Ir Dana Adyana Kartakusuma, M.Sc.,SE dan Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Cornelis, M.H,  Bupati/ Walikota se-Kalimantan,  perwakilan Instansi Lingkungan Hidup Daerah, FKPD dan para sponsor.

Dalam sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA yang dibacakan oleh Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup. Ir Dana Adyana Kartakusuma, M.Sc.,SE mengatakan, “Kementerian Lingkungan Hidup perlu meningkatkan peran aktif masyarakat khususnya generasi muda sebagai agen perubahan. Semangat dan cita-cita generasi muda diharapkan dapat mempelopori berbagai inisiatif dan kegiatan baru yang dapat berdampak baik bagi generasi sebelumnya maupun generasi selanjutnya, terutama generasi muda saat ini. Generasi muda juga diharapkan dapat mendongkrak daya saing Indonesia kedepan dengan didukung kondisi lingkungan hidup yang kualitasnya lebih baik.”
Dewan juri terdiri dari pakar lingkungan, pejabat KLH, akademisi, aktivis lingkungan, serta musisi Oppie Andaresta melakukan tanya jawab kepada para finalis, dimana 5 finalis terpilih diminta untuk menyampaikan kampanye lingkungan.

Setelah 4 kali pelaksanaan kegiatan ini, prestasi para duta lingkungan hidup Ekoregion Kalimantan patut untuk dibanggakan karena berhasil dalam menjadi contoh pemuda peduli lingkungan. Dalam rangka memperkuat dan mengembangkan eksistensinya, Duta Lingkungan Hidup Ekoregion  Kalimantan telah membentuk komunitas atau wadah generasi muda peduli lingkungan, seperti, Green Ambassador Association di Provinsi Kalimantan Selatan dan Komunitas Duta Lingkungan Hidup (KOTAKU) di Provinsi Kalimantan Barat.

Beberapa aktifitas seperti kampanye, pendidikan pengelolaan sampah dengan pola 3R (Reuse Reduce Recycle) maupun penghijauan telah mereka lakukan di kalangan masyarakat, komunitas kaum muda, dan sekolah. Wadah dan komunitas ini akan terus ditingkatkan kapasitasnya dengan memperluas jaringan dan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, swasta dan organisasi pemerhati lingkungan lainnya.

Informasi dan keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi :
Ir. Tuti Hendrawati Mintarsih, MPPPM,
Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion Kalimantan – Kementerian Lingkungan Hidup
Jl. Jendral Sudirman No. 19 A Balikapapan – Kalimantan Timur
Telp/Fax 0542-749175,749206,738375
Email : ppekalimantan@gmail.com
Website: http://kalimantan.menlh.go.id/