KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Sabtu, 16 Agustus, sore hari di Taman Lapangan Banteng Selatan. Puluhan dara cantik tampak memnuhi ruang terbuka yang diapit puluhan stand pameran flora Indonesia. Di tempat ini memang sedang berlangsung pameran Flona Jakarta 2008, yang dihadiri ribuan pengunjung. Tetapi kehadiran dara-dara cantik yang berpasangan dengan sejumlah jejaka ganteng di tempat ini tentu bukan untuk melihat aneka tanaman yang dipamerkan. Mereka datang untuk menyambut kehadiran Miss Universe 2008 Dayana Mendoza asal Venezuela bersama-sama puteri Indonesia 2008, Zivana Letisha Siregar, untuk melakukan kampanye penanaman pohon dan pembuatan lobang biopori sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan hidup. Selain Miss Universe, sosok Puteri Indonesia 2008, Zivana Letisha Siregar, juga menjadi perhatian khalayak, karena gelar itu baru disandangkan padanya semalam. 

Para dara dan jejaka itu adalah mereka para Abang dan None Jakarta, baik tingkat Propinsi DKI Jakarta, maupun dari 6 Wilayah Kota/Kabupaten di DKI Jakarta. Acara yang sarat dengan aroma kecantikan ini lahir dari kolaborasi gagasan dari Dharma Wanita Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Yayasan Putri Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Kota Jakarta Pusat, Dinas Pertamanan DKI Jakarta, dan Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

“Dengan adanya Miss Universe dan Putri Indonesia 2008 yang baru terpilih kemarin malam, akan dapat lebih memberikan contoh yang sangat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengubah perilaku menjadi lebih ramah lingkungan, “kata Prof (hon) Ir. Rachmat Witoelar, Menteri Negara Lingkungan Hidup.

Ada dua jenis pohon yang ditanam secara simbolis oleh Miss Universe dan Putri Indonesia, salah satunya adalah Pohon Balik Angin