KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 2014. Peluncuran Buku Model Corporate Social Responcibility (CSR) Bidang Lingkungan, merupakan salah satu tindakan konkrit untuk meningkatkan peran serta dunia usaha dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH). Salah satu tugas-nya adalah menetapkan kebijakan yang terkait dengan pelaksanaan tanggung jawab korporasi sebagai tanggung jawab moral yang dilakukan secara sukarela.

Pada Tahun 2011 dan 2012 berturut-turut Kementerian Lingkungan Hidup,  telah menerbitkan buku Pedoman CSR (Corporate Social Responsibility) Bidang Lingkungan dan buku Petunjuk Pelaksanaan CSR Bidang Lingkungan. Penerbitan kedua buku tersebut tidak dimaksudkan untuk membuat koridor tersendiri dalam CSR, namun untuk memberi warna lingkungan terhadap implementasi CSR di Indonesia yang pada umumnya cenderung terfokus pada aspek sosial dan ekonomi. Kebijakan tersebut bertujuan untuk menginspirasi dan mendorong perusahaan agar mengarusutamakan aspek lingkungan hidup dalam pelaksanaan CSR-nya. Selain itu buku tersebut dapat dijadikan pedoman bagi pemerintah daerah dan pihak lain yang berkepentingan dalam pembinaan maupun pendampingan kegiatan CSR. Dengan menyajikan 7 (tujuh) alternatif kegiatan CSR bidang lingkungan, perusahaan secara sukarela dapat melakukan salah satu atau lebih program CSR bidang lingkungan, secara Sistematis, Terintegrasi, dan Berkelanjutan. Selanjutnya ketiga unsur ini menjadi dasar/kriteria model CSR bidang lingkungan. Untuk lebih meningkatkan pelaksanaan CSR bidang lingkungan, maka inisiatif selanjutnya adalah memberikan percontohan model-model CSR bidang lingkungan yang dihimpun dam terpublikasi dalam satu buku Model CSR bidang lingkungan.

Harapan dari penerbitan buku ini agar melalui publikasi cerita model CSR bidang lingkungan ini dapat mendorong dunia usaha untuk lebih berkontribusi dalam memperbaiki kualitas lingkungan antara hidup masyarakat sekitarnya, sebagaimana yang  telah diamanatkan oleh Presiden Republik Indonesia dalam KTT Rio+20 di Riode Jeneiro, Brazil pada bulan Juni 2012 yaitu :
“Indeed, environmental concerns today are as much bottom up as well as top down, with civil society, families, individuals taking part to protect the environment. The corporate world too has increasingly embraced green business strategy and doing more CSR  in socialand environmental fields”.

Melalui publikasi ini, Kementerian Lingkungan Hidup memberikan apresi
asi berupa acknowledgement kepada dunia usaha terhadap  upaya dan kerja kerasnya yang secara konsisten dalam mengarusutamakan aspek lingkungan hidup kedalam kegiatan CSR perusahaan.

Unduh Dokumen:
Model Corporate Social Responcibility (CSR) Bidang Lingkungan (pdf)

Sumber:
Asisten Deputi Peningkatan Peran Organisasi Kemasyarakatan
Deputi Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat