KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kerusakan lingkungan yang menyebabkan bencana alam seperti banjir, kekeringan, menurunnya kualitas air bersih, pencemaran sungai, danau, udara dan laut tidak lepas dari rendahnya kualitas moral manusia yang seharusnya melakukan proses pengelolaan terhadap lingkungan sebagai tugas khalifatullah fil ardl. Sebagai wujud dari pelaksanaan amanat ini, Pemimpin Pusat (PP) Muhammadiyah terpilih membentuk Lembaga Lingkungan Hidup.

Sebagai salah satu amanat Muktamar Muhammadiyah ke 45 di Malang Tahun 2005, Persyarikatan Muhammadiyah menganggap perlunya dan kepedulian terhadap persoalan lingkungan hidup sebagai bagian dari proses kepedulian pengejawantahan semangat dakwah amar ma’kruf nahi mungkar.

PP Muhammadiyah telah mengadakan kerjasama dengan Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KMNLH) sejak 15 Agustus 2005 dalam bentuk
Pengembangan Teologi Lingkungan, Pendidikan Lingkungan Berbasis Sekolah dan Pesantren serta Gerakan Lingkungan Hidup Berbasis Agama.

Sebagai pengembangan dari kerjasama yang sudah terjalin, dilakukan Penguatan Kesepakatan Kerjasama, yang masing-msing diwakili oleh Ir. Rachmat Witoelar (KMNLH) dan Prof. Dr. HM. Din Syamsudin ((PP Muhammadiyah) pada tanggal 20 Januari 2006 di Yogyakarta.

KMNLH menganggap PP Muhammadiyah sebagai mitra strategis karena kehadirannya merupakan salah satu kelompok utama (major group) yang dipandang strategis dalam KTT Pembangunan Berkelanjutan di Johannesburgh tahun 2002.

Informasi lebih lanjut :
Asisten Deputi Urusan Masyarakat dan
Lembaga Kemasyarakatan
Tlp. 021-85904919,
Fax. 021-8580087,
Email: asdep4_3@menlh.go.id
Website: www.menlh.go.id

Sekretariat LLH PP Muhammadiyah,
Mifftahulhaq 0818-700-489