KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">


Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan PQM Consultant akan menyelenggarakan Konferensi Nasional Manajemen Lingkungan pada tanggal 22-23 Maret 2006 di Hotel Borobudur Jakarta. Adapun tujuan dari konferensi ini adalah :

  • untuk memberikan gambaran jelas mengenai arah kebijakan manajemen lingkungan di Indonesia
  • menjelaskan keuntungan menjalankan sistem manajemen lingkungan yang baik dan keuntungan menjadi â€Â?hijauâ€Â? (become green) secara ekonomis
  • menjelaskan peran penerapan sistem manajemen lingkungan yang baik dalam menunjang penilaian PROPER
  • sharing pengalaman â€Â?good practiseâ€Â? dalam penerapan sistem manajemen lingkungan dan pengelolaan lingkungan yang lebih baik
  • memunculkan kesadaran dan komitmen dari stakeholder lingkungan untuk menjalankan sistem manajemen lingkungan secara baik.

Konferensi ini rencananya akan dibuka oleh Bapak Menteri Negara Lingkungan Hidup dan akan menghadirkan pembicara-pembicara antara lain : Bpk. Iman Sudarwo (Kepala BSN), Bpk. Emil Salim (Pemerhati Lingkungan), Bpk. Isa Karmisa (Deputi VII KLH), Bpk. Yanuardi Rasudin (Deputi I KLH), Bpk. Noer Adi Wardojo (Vice Chairman SC 1 EMS ISO/TC 207), Bpk. Tetsuro Fujitsuka (JICA), Konsultan PQM dan wakil dari industri yang telah mendapatkan sertifikasi ISO 14001 (PT. Astra Internasional, PT. Unilever, PT. Semen Padang dan PT. Panasonik). Peserta konferensi diharapkan berasal dari manajemen puncak dari perusahaan yang ikut serta dalam PROPER, Perusahaan yang menjalankan ISO 9001:2000 dan Perusahaan yang akan dan telah menjalankan ISO 14001:2004.

Adapun tindak lanjut dari konferensi ini nantinya adalah akan dilakukannya pembinaan bagi peserta konferensi yang berminat untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan ISO 14001 secara efektif dan efisien.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Konferensi Nasional Manajemen Lingkungan ini dapat menghubungi :

Asdep Urusan Standardisasi, Teknologi dan Produksi Bersih
Telp. 021-85906167, 8584638
Sdri. Immu ( immu_utami@menlh.go.id ) dan
Sdri. Tri (Trisabila@yahoo.com)

PQM Consultants @ 425-1887, fax 425-4836
Sdri. Tami ( su@pqm-iris.co.id ),
Sdri. Wiwie ( tw@pqm- iris.co.id ) atau
Sdr. Jerry ( jw@pqm-iris.co.id