KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Program Lingkungan Hidup Indonesia Jerman (ProLH) fase I (1999-2003) telah memfasilitasi beberapa kegiatan yang memberikan kontribusi bagi penyelenggaraan lingkungan hidup di Indonesia namun kegiatan-kegiatan tersebut belum tersosialisasikan kepada masyarakat luas. Target dari pengadaan Open Environmental Forum (OEF) atau Forum Diskusi Terbuka Lingkungan Hidup ini adalah sebagai wadah untuk mendiseminasikan seluruh kegiatan kerjasama dalam kerangka:

  • Program Lingkungan Hidup Indonesia-Jerman (ProLH).
  • Program Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Perdesaan di NTB dan NTT (ProAir).
  • Program Dukungan bagi Pemerintah Daerah untuk Rekonstruksi yang Berkelanjutan (SLGSR)

Selain itu kegiatan ini juga menjadi sarana untuk berbagi dan bertukar informasi dan pengetahuan. Dampak yang diharapkan dari kegiatan ini adalah:

  • Meningkatkan pengetahuan staff partners, ProLH, ProAir, SLGSR, KLH dan masyarakat luas tentang berbagai topik lingkungan hidup.
  • Memahami seluruh kegiatan proyek,
  • Mengetahui resource person (database) dimana pengetahuan terkait berada,
  • Informasi tentang berbagai topik terdokumentasi.

Kegiatan Open Environmental Forum (OEF) yang pertama diselenggarakan pada tanggal 13 Maret 2007 di kantor KLH. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 30 peserta dari berbagai instansi, baik dari Instansi pemerintah, universitas, LSM maupun dari perusahaan swasta.

Topik yang diangkat pada OEF-01 yaitu : (i) Pendidikan Lingkungan Hidup dengan nara sumber dari ProLH yaitu Bapak Ali Mustofa, (ii) Pengelolaan Sampah Padat berbasis Masyarakat dengan nara sumber dari LSM Bintari Semarang yaitu Bapak Feri Prihantoro yang juga mempresentasikan topik mengenai (iii) Geo-Remediation (Vetiver) dan topik yang terakhir adalah (iv) Pengelolaan Limbah Cair berbasis Masyarakat dengan nara sumber dari LPTP-CBTech Yogya, Bapak Suryanto.

Presentasi dan diskusi yang berlangsung selama 2 jam tersebut berlangsung dengan dinamis dan mendapat tanggapan yang positif dari para peserta sehingga kedepannya diharapkan kegiatan OEF ini dapat diadakan secara rutin.


Sumber :

Ingrid Sally
ProLH – GTZ
Tel: 021-8517186
Fax: 021-8516110
Email: prolh@indo.ne.id