KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA


PBB dalam sidang umum PBB tanggal 19 Desember 1994 telah mengeluarkan resolusi 94/114 yang menetapkan tanggal 16 September sebagai Hari Ozon Internasional. Setiap tahunnya tema yang ditentukan berbeda, dan untuk tahun 2005 tema yang dipilih adalah Act Ozone Friendly  Stay Sun Safe‚?. Tingkat konsentrasi bahan perusak ozon (BPO) di stratosfer saat ini tampak mendekati tingkatan maksimum, dan total jumlah bahan kimia yang merusak ozon di troposfer secara berlanjut semakin menurun. Namun demikian, lapisan ozon akan tetap rentan selama dekade mendatang. Oleh sebab itu, masyarakat dunia masih menghadapi tantangan untuk memastikan penaatan yang penuh terhadap Protokol Montreal yang mengatur tentang bahan-bahan yang dapat merusak lapisan ozon, masyarakat harus terus didorong untuk menggunakan produk yang ramah ozon. Lebih lanjut, peringatan untuk melawan dampak negatif dari radiasi ultraviolet merupakan pesan penting kepada semua bangsa dan hari ozon dapat kita gunakan untuk membahas dampak dari peningkatan radiasi ultraviolet yang mencapai permukaan bumi sebagai akibat penipisan lapisan ozon,  juga perlunya tindakan pencegahan agar sinar matahari tetap aman bagi kehidupan.

Indonesia sebagai negara yang telah meratifikasi Protokol Montreal juga turut berpartisipasi dalam peringatan Hari Ozon Internasional. Berbagai kegiatan dilakukan sebagai upaya penyebarluasan informasi dan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya melindungi lapisan ozon. Target kegiatan mencakup pelajar, mahasiswa, aparat pemerintah pusat dan daerah, LSM, asosiasi, dan masyarakat secara umum. Kegiatan yang dilaksanakan terdiri :

No.

KEGIATAN

WAKTU

LOKASI/MEDIA

1.

Iklan Layanan Masyarakat

September

Televisi, radio, surat kabar, balon udara, cover ban

2

Seminar “20 tahun Konvensi Wina dan Pelaksanaannya di Indonesia� dan Perayaan Hari Ozon Internasional

16 September 2005

Hotel Borobudur, Jakarta

3

Kampanye Publik

18 September 2005

Bundaran HI

4

Science Camp II

18, 19, 20 September 2005

Megamendung, Bogor

Mengingat pentingnya fungsi lapisan ozon bagi kehidupan khususnya manusia, maka tanggung jawab untuk melindungi lapisan ozon juga merupakan tanggung jawab seluruh pemangku kepentingan. Penggunaan produk yang ramah ozon merupakan wujud partisipasi masyarakat dalam program perlindungan lapisan ozon.

Informasi lebih lanjut hubungi :

Asdep Urusan Pengendalian Dampak Perubahan Iklim

Telp. 021 8517164
Fax. 021 85902521

Email: ozon@menlh.go.id
          ozonenet@cbn.net.id