KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

SERU bila berhadapan langsung dengan audience anak-anak. Selain sorakan yang meriah, semangat mereka pun tak kalah semarak. Hal itulah yang membuat presenter terus berada di panggung yang telah disediakan panitia. Apalagi jumlah anak-anak yang hadir di ruangan GOR Serang saat itu kurang lebih 230 siswa dari 10 sekolah yang berada di sekitar Kabupaten Serang. Suasanapun bertambah ramai dan kondusif saat presenter membagikan souvenir cuma-cuma.

Dengan dialog yang sangat sederhana, presenter berhasil menyampaikan pesan-pesan lingkungan yang menjadi topik utama pada acara “Pameran Lingkungan Hidup untuk Usia Dini” di GOR Serang, Propinsi Banten, 23 Juni 2004 lalu. Tak kalah penting dan seru, para siswa-siswi pun dengan lantang mengutarakan pendapat dan pengetahuan mereka yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Mereka mencoba mendefinisikan lingkungan menurut ‘kaca mata’ mereka.

Udara, Air, Sampah, Sungai, Hutan, Asap Kendaraan, adalah merupakan kata-kata yang sering disebutkan para siswa-siswi saat presenter menanyakan apa yang ada dalam benak kita saat mendengar kata lingkungan hidup.

“Di tempat saya banyak anak-anak yang berenang di sungai, tapi airnya kotor” demikian ucap lugu seorang siswi sekolah dasar saat diminta menceritakan kondisi lingkungan di sekitar rumahnya.

“Tadi saya naik angkot, eh…di depan saya mobil bagus buang sampahnya keluar” tandas temannya yang disambut tepuk tangan Bapak-Ibu guru yang mendampingi.

Sementara itu di luar Gedung Olah Raga (GOR) yang menjadi pusat kegiatan, stand mobile Exhibition dipadati pula oleh pengunjung siswa-siswi sekolah yang telah selesai mengikuti kegiatan di dalam GOR. Crew Mobile Exhibition, cukup kewalahan menangani pengunjung cilik yang membludak saat itu.

Kegiatan “Pameran Lingkungan Hidup Untuk Usia Dini”, diselenggarakan dalam rangka mengkampanyekan lingkungan hidup kepada anak-anak sekolah dasar di Propinsi Banten. Kegiatan diselenggarakan atas kerjasama Bapedal Propinsi Banten, Seaword, dan Kementerian Lingkungan Hidup.

Rencananya, kegiatan serupa akan dilakukan di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Tangerang.
(Bang2)

Informasi lebih lanjut :
Asisten Deputi Urusan Informasi
Phone : 021-8580081
Email : infolh@menlh.go.id