KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Paris, 4 April 2013. Sinergi antara pemerintah sebagai regulator dan kalangan industri sebagai pelaku adalah kunci keberhasilan Green Economy. Kesimpulan ini mengemuka dalam diskusi pada Forum Paris dengan tema: Towards a Sustainable Economy : from Labour to Resource Productivity yang diadakan di Paris pada tanggal 4 April 2013. Paris Forum diselenggarakan oleh United Nations Enviroment Programme (UNEP), United Nations Industrial Development Organizations -(UNIDO) don Agence Froncaise Development (AFD). Paris Forum dihadiri kalangan pemerintah, dunia usaha dan perwakilan lembaga PBB.

Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, Menteri Lingkungan’ Hidup, Republik Indonesia diundang sebagai salah satu panelis pada Round Table 3 yang membahas Green Industry for a Sustainable Economy. Arnaud Montebourg, Menteri Perindustrian Perancis, hadir pula memberikan pandangan-pandangannya mengenai perkembangan industri hijau di Perancis yang memfokuskan pada penerapan energi rendah karbon clan efisien. Misalnya, Perancis mengembangkan teknologi otomotif berenergi efisien dengan target 1 liter/kilometer.

Dalam forum tersebut, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, Menteri Lingkungan Hidup, Republik Indonesia menyatakan “Indonesia telah memasuki skema Green Economy dengan mengeluarkan berbagai kebijakan dan program. Skema kebijakan yang diterapkan antara lain dengan menerapkan standar dan kriteria pada setiap kegiatan industri. Kawasan-Kawasan industri harus memenuhi kriteria lingkungan agar dapat tercapai kegiatan industri yang berkelanjutan.

Peradigma ekonomi hijau ini dibahas dengan menampilkan 3 topik utama yaitu: (i) Green economy for green growth: from labour to resource productivity (ii) regulatory, policy and financing frameworks for a green economy, (iii) green industry for a strengthened economy. Peserta forum menyepakati pula bahwa berdasarkan best practices yang disampaikan bahwa instrumen kebijakan Green Economy sudah mulai berjalan. Paris Forum dihadiri pula oleh Menteri Ekologi Perancis, Direktur Jenderal UNIDO, Direktur Eksekutif UNEP dan berbagai kalangan dunia usaha.

Laman dan berita terkait Lannya:

Untuk Informasi Lebih Lanjut:
Dr. Henry Bastaman, MES,
Deputi Bidang Pembinaan Sarana Teknis Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas,
Kementerian Lingkungan Hidup,
Tel/Fax: 85904931,
email: humaslh@gmail.com