KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

pasar.jpgSelama ini, jika kita menyebut pasar tradisional, yang ada dalam benak kita adalah pasar yang kumuh, gelap, becek, bau, semrawut, dan tidak nyaman serta aman. berdasarkan catatan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), dari 13.000-an pasar tradisional di Indonesia dengan 12,6 juta pedagang, hanya sedikit saja pasar yang dapat dikelola dengan baik dari segi pengelolaan pedagang dan juga untuk kenyamanan pengunjung dan tentu saja dari pengelolaan lingkungannya.

Salah satunya adalah Pasar Modern di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, penggagas pasar tradisional dengan wajah modern. Pasar tradisional yang dibangun di atas lahan seluas 2,6 hektar dan dioperasikan sejak Juli 2004.

Pasar ini berkembang dengan baik walaupun banyak sekali persaingan di sekitar daerah BSD seperti pasar swalayan dll.Hal ini bisa kita lihat pada banyaknya pengunjung yang datang terutama dari masyarakat kelas menengah. Stratifikasi ini bisa kita lihat dari banyaknya mobil yang ada di tempat parkir daripada motor. Setiap bulan tidak kurang 70.000 mobil masuk di pasar ini.

Pengelolaan pasar ini sangat baik dan bagus dari sisi lingkungan keamanan termasuk kebersihan karena tidak pernah ada sampah yang menumpuk.hal ini  dikarenakan sistem penerapan untuk  menangani keamanan dan kebersihan tersebut menggunakan sistem out sourcing


Dengan kondisi pasar yang bersih, nyaman, sehat sekaligus ramah lingkungan diharapkan dapat menjadi contoh oleh pasar-pasar tradisonal lainnya.

Informasi lebih lanjut:
Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan
021/85911211 / praszt@menlh.go.id