KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Surabaya (detik.com, senin 03/11/2008, 10.45wib).  Ratusan siswa Sekolah Dasar Kristen (SDK) Santa Theresia I Surabaya melepas sekitar 3 ribu burung merpati dan peking di halaman sekolah Jalan Residen Sudirman Surabaya.

Kepala Sekolah SDK Santa Theresia I Surabaya, Michael Daranto mengatakan
pelepasan sekitar 3 ribu burung bebas ke udara itu merupakan salah satu kegiatan memperingati Hari Cinta Puspa Satwa Nasional (HCPSN) 2008.

"Kami ingin menanamkan kepada anak-anak agar peduli terhadap satwa dan lingkungan sejak usia dini. Kegiatan ini juga merupakan ide dari anak-anak," kata Daranto kepada detiksurabaya.com saat di lokasi, Senin (3/11/2008).

"Selain itu, kegiatan ini sebagai pengalaman nyata bagi anak-anak bahwa kita tidak boleh sembarangan dan harus menjaga lingkungan hidup maupun satwa," jelasnya.

Daranto mengatakan, selain pelepasan ribuan burung, SDK Santa Theresia I Surabaya juga mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) tentang permainan ular tangga terbesar di Indonesia.

Salah satu perwakilan MURI, Wida mengatakan rekor permainan ular tangga sebelumnya tercatat di Bandung Jawa Barat dengan ukuran 10 x 10 m pada 2 September 2007 lalu.

Rekor tersebut akhirnya dipecahkan SDK Santa Theresia I Surabaya dengan ukuran permaianan ular tangga sepanjang 12 x 12 m dan tercatat Rekor MURI No 3442.

"Permainan ular tangga di SDK Santa Theresia I Surabaya ini berbeda dengan rekor sebelumnya. Permainan ini sangat istimewa karena temanya tentang lingkungan hidup," kata Wida di sela-sela acara Peringatan HCPSN 2008.

Selain pelepasan burung dan pemecahan rekor MURI tentang permainan ular tangga, kegiatan peringatan HCPSN 2008 di SDK Santa Theresia I Surabaya ini juga digelar road show satwa Kebun Binatang Surabaya, pameran poster puspa satwa ukuran A2 terbaik hasil lomba internal sekolah dan pembagian tanaman Sansivera hasil pembibitan siswa.(roi/fat), Rois Jajeli – detikSurabaya