KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Forum Guru Untuk Pendidikan Lingkungan Hidup (FG-LH) Sukabumi yang dibentuk pada tahun 2003 mengadakan “Pekan Kreativitas Siswa dan Apresiasi Lingkungan Hidup� untuk siswa SD dan SLTP se-kecamatan Kabandungan-Sukabumi-Jawa Barat.

Kegiatan yang bertema AKU MENGENAL ALAMKU diikuti oleh 440 siswa yang mewakili 22 SD, 40 siswa yang mewakili SLTP dan Madrasah Tsanawiyah, 20 orang relawan dari Generasi Muda Pecinta Alam, dan 71 orang guru. Seluruh kegiatan dilakukan di perkemahan.

Acara yang berlangsung tanggal 15-20 Maret 2004 diisi dengan berbagai perlombaan yang diadakan di perkemahan, seperti: lomba pidato lingkungan, pupuh (nyanyian daerah), egrang, dan permainan lokal. Di samping itu juga diadakakan OUTBOND dengan materi pengelolaan sampah (organik dan anorganik), sungai dan permasalahannya, keanekaragaman hayati dan perlindungan satwa, pelepasan burung dan penanaman pohon di lahan kritis. Selain itu, outbond juga diisi dengan diskusi seputar lingkungan hidup.

Selepas sore, diadakan malam kerativitas siswa. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap persoalan dan permasalahan lingkungan, yang dituangkan melalui media seni suara, puisi, tari-tarian, humor dan drama singkat.

Pada akhir acara, para siswa menyampaikan IKRAR CINTA LINGKUNGAN, diikuti dengan Pernyataan Sikap guru Kecamatan Kabandungan Untuk Lingkungan Hidup. Kepada siswa dan para guru, Kementerian Lingkungan Hidup memberikan 1.500 bibit pohon untuk ditanam di lokasi perkemahan dan sekolahan masing-masing.

Sumber informasi:
Asisten Deputi Urusan Masyarakat Perdesaan,
Tradisional dan Adat pada Deputi III KLH