KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

16 Jun 06 16:38 WIB

Jakarta, 15 Juni 2006. Peringatan. Hari Lingkungan Hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni ditandai dengan berbagai kegiatan baik di dalam maupun di luar negeri.

Pekan Lingkungan Indonesia 2006 merupakan salah satu kegiatan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia. Kegiatan ini telah dilaksanakan untuk yang ke 10 kalinya. Kegiatan ini dibuka dan diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia dan dihadiri oleh para undangan diantaranya. Para Menteri terkait, para. Duta Besar dari Negara-negara Sahabat, Pimpinan Perusahaan Swasta. dan BUMN serta Pejabat Pemerintah Pusat maupun Daerah.

Penyelenggaraan "Pekan Lingkungan Indonesia 2006" dilaksanakan di Assembly Hall Balai Sidang Jakarta Convention Center mulai tanggal. 15 Juni sampai dengan 18 Juni 2006 yang setiap hari dibuka untuk umum mulai jam 10.00 – 20.00 WIB. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menginformasikan dan mensosialisasikan program-program pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam kegiatan Pekan Lingkungan Indonesia 2006, akan di isi dengan acara-acara pendukung yang meliputi

1. Pameran Pekan Lingkungan Indonesia

Pada tahun 2006 ini penyelenggaraan pameran merupakan yang ke 10 kalinya. Pameran ini diarahkan untuk menampilkan program-program dan keberhasilan dalam pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia .

Penyelenggaraan Pekan Lingkungan Indonesia 2006 terdiri dari 70 paviliun yang diikuti oleh Pemerintah Daerah (PEMDA), BUMN, Perusahaan Swasta Nasional dan Multi Nasional, Asosiasi Bisnis dan Profesi, Lembaga. Nasional. dan Internasional, LSM, Perguruan Tinggi.

2. Seminar dan Dialog

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman yang benar mengenai pengelolaan lingkungan hidup. Adapun rangkaian seminar dan dialog adalah sebagai berikut

3. Aneka Lomba

Untuk meningkatkan pemahaman, kecintaan dan apresiasi generasi muda terhadap lingkungan hidup, pada acara Pekan Lingkungan Hidup 2006 diselenggarakan berbagai lomba..

4. Bazaar

Kegiatan Bazaar pada Pekan Lingkungan Indonesia akan dikoordinir oleh pengurus Dharma Wanita unit KLH, yang akan menampilkan produk-produk ramah lingkungan yancl, dihasilkan oleh inclustri kecil (Home Industry) dan Koperasi.

5. Field Trip

Bertujuan untuk mensosialisasikan mengenai keberhasilan dan Proses pengelolaan lingkungan hidup di suatu daerah.

Kegiatan Pekan Lingkungan Hidup 2006 ini juga hasil kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia bekeda swna dengan lembaga. / Organisasi terkait serta PT. Antheus Indonesia selaku Event Organizer Pekan Lingkungan Hidup 2006.