KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pekan Lingkungan Indonesia 2007 (PLI-2007) sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2007 diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Jusuf Kalla di Taman Wisata Mekarsari, Ciulengsi-Bogor pada tanggal 31 Mei 2007.  Usai meresmikan PLI-2007, Wapres bersama-sama dengan para Gubernur menanam pohon di Taman Fauna dan melakukan panen buah, diikuti 2000-an tamu dan undangan. 

Berbagai acara diselenggarakan secara paralel (indoors dan outdoor), di antaranya adalah Kemah Hijau Ceria Anak Lingkungan yang diikuti lebih dari 300 siswa SMP dan SMA/K berlangsung sejak 31 Mei-2 Juni di Taman Wisata Mekarsari.  

Sementara itu, Pameran Lingkungan Hidup berlangsung serjak 31 Mei-3 Juni di Jakarta Convention Center diikuti tidak kurang dari 211 peserta yang berasal dari instansi pemerintah, pemerintah provinsi/kabupaten/kota, lsm, lembaga internasional, swasta dll. Selain pameran, berbagai acara digelar dalam kegiatan ini, misalnya panggung musik, bazaar, quiz, seminar/workshop, dialog interaktif, temu selebriti dan dialog lingkungan, serta kegiatan lain yang bernuansa lingkungan. 

Mengawali PLI-2007, pada tanggal 26-27 Mei 2007 digelar Ajang Kreasi Siswa di Bidang Lingkungan Melalui Teknologi Informasi di Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara lembaga pendidikan Computerkid & Computerstar dengan Kementerian Negara Lingkungan. Peserta Ajang Kreasi dan Lomba Komputer tidak kurang dari 2.200 siswa (TK, SD, SMP, SMA/K). Pengumunan pemenang dan penyerahan hadiah lomba dilakukan di Jakarta Convention Center pada tanggal 2 Juni 2007. 

Sumber:
Asisten Deputi Urusan Edukasi dan Komunikasi Lingkungan

Kementerian Negara Lingkungan Hidup