KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) 2008 pada tanggal 5-8 Juni 2008, telah mengundang banyak peminat untuk mengikuti dan mengunjungi pameran lingkungan hidup yang diadakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup di JCC-Jakarta. Perusahaan-perusahaan yang mengikuti kegiatan pameran tersebut berjumlah 30 perusahaan swasta, BUMN, 25 pemerintah dari pusat maupun daerah, beberapa LSM,

PLI 2008 diadakan bersama antara Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia dalam program PNPM. Dalam hal ini perusahaan-perusahaan memperkenalkan program-program Corporate Social responsibility (CSR), yang bertujuan untuk memberikan stimulasi kepedulian pada pengembangan social dan masyarakat.

Peran serta korporasi menjadi bagian yang tidak dapat di abaikan, karena dalam lima tahun terakhir ini, terlihat semakin banyak perusahaan yang melibatkan diri dalam program-program sosial kemasyarakatan, dengan hasil sangat menggembirakan. Program-program CSR tersebut adalah bukti semakin meningkatnya kesadaran dan menjadi wujud nyata kepedulian serta beban pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan yang masih mengandalkan bantuan luar negeri perlu dikurangi, karena Indonesia sebenarnya memiliki potensi untuk bersama-sama mengentaskan kemiskinan melalui program pemberdayaan masyarakat.

PLI 2008, merupakan kerjasama antara Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Kementerian Negara bersama dengan PT. Antheus Indonesia juga mengadakan Seminar, Dialog/Workshop, Field Trip, Aneka lomba.

Penyelenggaraan Pekan Lingkungan Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun, senantiasa mendapatkan antusiasme dari peserta dan pengunjung pameran yang semakin meningkat. Hal ini menunjukkan pergeseran paradigma masyarakat dalam pelestarian lingkungan hidup, bahwa masyarakat menjadi lebih peduli dan memerlukan informasi mengenai kegiatan pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia.

Sumber :

Asdep Edukom